Harley Davidson: Menatap Masa Depan Dengan “Arah Yang Baru”

Bro and sis sekalian, cukup terkejut juga ketika saya melihat video terbarunya Harley Davidson di channel Youtube milik Harley Davidson yang bisa dicek disini… Well ketika menonton video tersebut, impresi awalnya terlihat seperti video biasa, namun begitu ke pertengahan video, wuihh langsung rada kaget juga bro and sis, karena dalam video tersebut Harley Davidson (HD) menunjukkan konsep motor – motor apa saja yang kiranya akan dikeluarkan oleh HD pada tahun 2020 nanti.

Yang bikin kaget adalah, motor – motor konsep ini tidak seperti motor HD pada umumnya yang cruiser dan terlihat ke “bapak – bapakan”, namun konsep motor ini sangat keluar dari pakem HD selama ini dan terlihat banget bahwa HD dimasa depan akan keluar dari zona nyamannya dan akan menjangkau lebih banyak genre motor yang belum dijamah sebelumnya. Di video tersebut, ada beberapa motor konsep yang sedang dibangun HD yaitu, motor cc kecil (250cc – 500cc), HD Livewire, HD Bobber, HD Streetfighter, dan HD Pan America. Yuk kita lihat seperti apa konsep – konsep HD dimasa yang akan datang tersebut.

HD cc Kecil (250cc – 500cc)

 Awalnya giginetral ngak percaya juga dengan langkah yang diambil HD, namun memang HD saat ini sedang berniat dan membangun konsep untuk membuat motor – motor dengan cc kecil. Langkah ini diambil HD untuk memperluas pasar dan untuk merambah konsumen yang tidak dapat memiliki HD dengan cc besar. HD cc kecil ini sendiri memang lebih ditargetkan ke pasar Asia karena Asia sendiri pangsa pasarnya besar namun daya beli masyarakatnya yang kurang kuat. Oleh karena itu, HD berencana membuat motor dengan cc kecil untuk menjangkau konsumen yang daya belinya kurang ini sehingga harapannya, semua orang dari berbagai kalangan bisa memiliki HD. Untuk meluluskan rencana ini pula, HD menyiapkan investasi yang besar untuk mengembangkan pabrik di India, dan sebagai langkah awal, HD akan menargetkan pasar di India dan Cina untuk penetrasi awal motor HD cc kecil ini.

Kalau menurut giginetral sendiri, sepertinya HD akhirnya mengambil langkah ini dan terjun ke motor dengan cc kecil untuk membuat motor yang “volume maker”. Apalagi seperti kita ketahui, saat ini memang penjualan HD didaerah Eropa sedang kurang sehat dan kondisi perusahaan juga kurang baik. Dengan ditargetkannya pasar Asia melalui motor cc kecil diharapkan dapat menjadi “volume maker” sehingga dapat menyehatkan kembali kondisi perusahaan.

HD Livewire

HD Livewire adalah motor listrik yang sedang dikembangkan oleh HD sejak beberapa tahun belakangan. HD Livewire ini memang bukan konsep yang baru bro and sis, karena konsep ini sudah ada sejak beberapa tahun lalu dan sampai sekarang masih terus dikembangkan oleh HD. Bisa dibilang Livewire ini adalah jawaban HD untuk kendaraan masa depan yang ramah lingkungan. Motor HD Livewire ini sebenarnya juga udah pernah kita lihat bro and sis performa dan aksinya di film Avenger yang kedua. Jika bro and sis ingat, motor inilah yang digunakan oleh Black Widow ketika beraksi kejar – kejaran dengan Captain America untuk mengejar Ultron. Kalau dalam film itu sih kelihatan banget kalo HD Livewire ini kencang.

Untuk spesifikasinya sendiri, HD Livewire yang telah ada saat ini menggunakan mesin listrik AC 3 fase, yang menghasilkan tenaga 74 hp pada 8.000 Rpm dan torsinya 70,5 Nm. Top speed diklaim sampai 148 km/h. Untuk mengisi full baterai hanya butuh waktu 3,5 jam dan langsung dapat menempuh jarak 85 km sekali charge sampai full. Kalau dilihat performa tenaga dan top speed sih terlihat biasa, tapi torsinya besar broo and sis, ngejambak banget ini… 

Nah, dalam video HD juga barusan, terdapat bocoran yang diberikan HD bahwa, Livewire akan ada versi terbarunya yaitu All New Livewire yang akan hadir ke publik pada Agustus 2019 nanti. berarti setahun lagi nih sejak artikel ini ditulis.. So kita tunggu saja pengembangan dan hasil final dari HD Livewire ini tahun depan. Bisa dibilang dimasa depan, HD suaranya bukan bbbrraaaapppp…bbrrraaaapppp… lagi bro and sis, melainkan jadi nnnngggiiiiiiiinnnngggggg….

HD Bobber

Motor berikunya yang muncul di video HD adalah HD Bobber. Kalau melihat secara keseluruhan bentuknya, desainnya tidak jauh berbeda dengan HD yang telah ada sekarang, alias masih mempertahankan bentuk dan identitas HD sebagai motor cruiser namun dengan sentuhan modern seperti misalnya penggunaan lampu yang mirip dengan HD Fat Bob yang telah dijual dipasaran, suspensi upside down, pengereman ABS, dll. Namun apa yang anda lihat memang adalah HD dengan model Bobber. ciri khas motor Bobber dapat dilihat seperti ukuran ban yang besar dan tebal, wheelbase yang agak panjang, tinggi motor dan jarak ke tanah (ground clearance) yang rendah serta posisi setang yang agak jauh dari posisi tempat duduk. Disinyalir juga, bahwa mesin yang digunakan adalah mesin 1250cc Vtwin milik HD yang terbaru. Tinggal kita tunggu ajah nih bro and sis, apakah wujud final HD Bobber ini seperti konsepnya.

HD Streetfighter

Nah ini salah satu motor konsep HD yang bikin saya kaget dan juga mupeng (muka pengen) disaat bersamaan. Sesuai namanya yaitu streetfighter, konsep motor ini adalah motor bigbike naked sport yang sangat menonjolkan detail kekarnya mesin dan ini memang akan menjadi pertama kalinya HD akan menjamah genre motor naked sport. Disinyalir untuk konsep streetfighter ini akan menggunakan beberapa pilihan mesin yaitu dari mesin 500cc sampai dengan 1250cc. Untuk foto yang anda lihat diatas adalah HD Streetfighter yang menggunakan mesin 950cc Vtwin yang jika dilihat kekar abiss dan sangar. Untuk fiturnya sendiri sudah modern seperti suspensi upside down, pengereman depan double disc brake dan belakang single disc brake, suspensi monoshock dan lain lain.

di video HD juga dikatakan oleh HD, bahwa Streetfighter ini akan menjadi motor yang gesit dan lincah serta cocok untuk berbagai macam rider. Kalau HD Streetfighter ini keluar, langsung akan berhadapan head to head nih dengan motor naked lain seperti Ducati Monster, Aprilia Tuono, Yamaha MT-10, Suzuki GSX-S1000 dan motor naked lainnya. Kita tunggu ajah bro and sis bagaimana penampakan final Streetfighter ini, asli buat saya yang suka motor naked, bikin ngilerr nih motor hahaha…

HD Pan America

Konsep motor HD yang terakhir ini, yang paling bikin kaget saya dan membuat saya terheran – heran tapi kagum. Untuk pertama kalinya, HD akan masuk ke genre motor Adventure nih bro and sis, dan jujur ini diluar pakem HD banget. Kalau melihat secara keseluruhan desain, ini motor terlihat aneh dan bukan selera semua orang tapi terlihat keren dan tidak seperti desain motor Adventure pada umumnya. Apalagi HD Pan America ini juga tetap menggunakan mesin HD Vtwin yang besar. Ngak kebayang deh betapa beratnya si motor adventure HD Pan America ini. Tentunya sebagai motor adventure, HD Pan America ini sudah dilengkapi fitur – fitur yang membuatnya siap untuk berjalan jarak jauh dan menerobos jalur tanah. Konsep HD Pan America ini sudah dilengkapi windshield (kaca) yang tinggi, handlebar (setang) yang posisinya tinggi dan dilengkapi hand guard, tangki bensin yang besar untuk jarak jauh, engine guard untuk melindungi mesin ketika jatuh, mud guard untuk melindungi mesin dari lumpur dan batu, posisi bangku yang tinggi, velg jari – jari, posisi knalpot yang tinggi, lampu LED untuk melihat dalam gelap, menggunakan ban offroad dan lain – lain. Dengan melihat fiturnya, HD Pan America memang motor adventure banget…

 Diduga juga HD Pan America ini menggunakan mesin 1250cc Vtwin terbaru, namun tidak menutup kemungkinan bahwa HD akan menanamkan mesin yang cc yang lebih rendah untuk Pan America ini. Nantinya si HD America ini akan meluncur ke publik pada tahun 2020 bro and sis. Jika HD Pan America ini keluar makan akan langsung berhadapan head to head dengan pemain lama di genre Adventure seperti BMW GS1200R, Triumph Tiger 1200, Ducati Multistrada, Yamaha Tenere, Honda Africa Twin, dll. Pokoknya makin seru nihh persaingan motor Adventure kedepannya.

Jadi gimana bro and sis pendapatnya tentang konsep motor HD terbaru dimasa depan ini ?? Saya sendiri sih secara pribadi ngak menyangka ajah bahwa akhirnya HD keluar dari pakemnya selama ini dan mulai secara perlahan merambah ke genre lain dan berubah secara perlahan. HD yang dulu biasanya terkenal tradisional, oldschool, motornya untuk mereka yang mature, desainnya yang rata – rata klasik dan cruiser ini perlahan kedepannya akan menjadi HD yang modern dan dinamis mengikuti perkembangan jaman serta lebih menjangkau mereka yang generasi muda. Bisa dibilang, ini adalah langkah berani dari HD dan dimasa depan HD akan memiliki wajah baru yang akan merubah pabrikan legendaris Amerika ini kearah yang baru tanpa menghilangkan ciri khas HD. Hanya masalahnya, bagaimana reaksi para die hard HD / fans keras HD terhadap perubahan yang terjadi pada pabrikan legendaris ?? apakah mereka akan tetap setia dengan HD yang menjadi modern ?? well, biarlah waktu yang menjawab…

By: Axel Mahal

Sumber gambar: Screenshot video Youtube Harley Davidson

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *