Spyshot All New Triumph Scrambler 1200: New Scrambler Dengan Mesin Lebih Besar

Bro and sis sekalian, ada hal menarik yang ditunjukkan oleh media sosial instagram milik official Triumph. Pabrikan motor asal inggris ini, beberapa hari yang lalu menampilkan sebuah teaser singkat mengenai motor baru mereka yang akan dilaunching pada tanggal 24 bulan Oktober tahun 2018…

Jelas – jelas banget tuh bro and sis, Triumph akan meluncurkan The All New Scrambler 1200 pada tanggal yang tertera di teaser tersebut. Wuihh karena saya penasaran maka saya coba iseng – iseng mencari informasi lebih lanjut mengenai Triumph Scrambler 1200 ini, dan ternyata diinternet udah tersebar foto – foto spyshotnya..

 

Foto – foto diatas berasal dari Motorcyclenews.com. Terlihat banget bro and sis, Scrambler terbaru ini jelas sangat berbeda dari Street Scrambler yang sudah berbeda dari sekarang. Jika Scrambler yang sekarang mengambil basis dari Street Twin yang menggunakan mesin 900cc, maka All New Scrambler 1200 akan menggunakan basis mesin yang sama seperti yang digunakan oleh Triumph Bobber, yaitu mesin 1200cc 2 silinder. Jelas ini mesin yang lebih besar dari Scrambler 900. Nah, mesin 1200cc milik All New Scrambler ini diperkirakan power dan torsinya masih sama seperti mesin yang dipakai di Bobber yaitu menghasilkan 76 bhp dan torsi 78 ftlb. Wuihh mantap nih torsinya besar.

Selain mesin yang baru, jika dilihat dari foto yang beredar, terdapat banyak fitur terbaru juga yang ditanamkan ke Scrambler 1200 ini sehingga dapat dikatakan All New. Kita lihat ajah bro and sis apa yang terlihat oleh mata dulu. Pertama, jelas yang paling stand out dari motor ini adalah penggunaan suspensi depan upside down berwarna kuning yang ukurannya besar dan travelnya panjang. Suspensi depan ini disinyalir akan dibuat oleh Showa. Sedangkan suspensi belakangnya, jika dilihat menggunakan suspensi double shock dengan tabung buatan Ohlins. Kalau suspensi depan dan belakang begini sudah siap banget nih buat hajar jalan rusak dan lobang hehe… Dapat dilihat juga bro and sis, penggunaan suspensi ini membuat motor jadi terlihat tinggi dan jangkung. hmm..auto jinjit ini kayanya kalau buat saya.

Kedua, adanya kehadiran handguard distang untuk melindungi tangan rider kalau jatuh dengan motornya. Ketiga penggunaan velg yang ukurannya lebih besar dari Scrambler 900. Disinyalir ukuran velg depannya saja ini 21 inci bro and sis.. velg yang lebar ini dibalut dengan ban tahu yang offroad ready. Tapi jika dilihat difoto diatas, salah satu unit Scrambler 1200 yang dites ada yang menggunakan ban biasa alias ban on road..hmm apa ini artinya Triumph akan memberi opsi pemilihan ban ??.. Keempat, untuk segi pengereman, untuk didepan menggunakan double cakram, sedangkan dibelakang single cakram. Kemungkinan besar kedua rem ini sudah ABS dan karena untuk keperluan off road, ABS ini bisa dimatikan via tombol di stang. okee deh bro and sis. Kelima, sebagai ciri khas motor Scrambler, tentunya sudah digunakan engine guard dibagian bawah mesin untuk melindungi mesin dari kerikil. Keenam, posisi knalpot pun dibuat tinggi sebagai ciri khas Scrambler untuk menerjang medan yang berat. Ketujuh, lampu depan dan lampu sein sudah menggunakan LED. Kesimpulannya All New Scrambler 1200 ini akan lebih besar, lebih tinggi, lebih bertenaga, dan lebih off road ready ketimbang Scrambler 900 yang ada sekarang. Kita tunggu ajah bro and sis penampakan aslinya tanggal 24 oktober nanti. Sekian dan semoga info ini berguna bro and sis…

By: Axel Mahal

Sumber Gambar: Screenshot instastory Triumph dan spyshot dari Motorcyclenews.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *