Review Fisik Benelli Motobi 200 EVO: Cruiser Terbaru dari Benelli

Bro and sis, pergelaran GIIAS 2018 memang sudah berakhir pada minggu lalu, namun bukan berarti kita berhenti membicarakan kendaraan – kendaran yang muncul pada pergelaran GIIAS bukan. Masih banyak kendaraan – kendaraan terbaru yang bisa kita bahas dari pergelaran GIIAS minggu lalu. Sebelum saya memulai, saya meminta maaf terlebih dahulu bro and sis karena kemarin saya keluar kota jadi update blog agak terlambat..

Langsung saja, pabrikan motor Benelli pada ajang GIIAS 2018 lalu, meluncurkan motor terbaru mereka yang diperkenalkan ke publik. Motor terbaru tersebut adalah motor cruiser yang bentuknya keren dan cukup menarik perhatian yaitu Benelli Motobi 200 EVO. Nah, dalam artikel ini kita akan membahas seperti apa sih penampakan dari Motobi yang diluncurkan oleh Benelli Indonesia ini. Yuk disimak bro and sis…

Overall Desain

Waktu pertama kali saya menyambangi booth Benelli, Motobi 200 EVO ini langsung menarik perhatian saya. Selain karena memang motor ini dipajang ditengah booth dan berwarna merah (yang warna merah lebih menarik bro and sis..), bentuk motor ini memang tergolong unik. Desainnya sendiri merupakan campuran unsur klasik dan modern. Kalo melihat basic desainnya, yah ini bentuk motor cruiser klasik jaman dahulu, tapi Motobi 200 EVO ini diberi sentuhan modern. Ohh yah, saya menyebut motor ini bergenre cruiser karena memang Motobi 200 EVO ini memiliki ciri – ciri khas yang ada pada motor cruiser yaitu, ketinggian bangku jok yang rendah, bentuk tangki yang modelnya teardrop, posisi setang yang agak tinggi, kemiringan suspensi yang miring kedepan, dan posisi footstep depan yang maju kedepan, bahkan kontak kuncinya ada disamping kanan layaknya motor cruiser jaman dahulu. Kalau melihat bentuk cruiser dari Motobi 200 EVO ini somehow mengingatkan kita pada motor – motor cruiser Harley Davidson bro and sis, seperti Iron 883, Fourty – Eight, atau Sporster. Jadi mungkin bisa dibilang baby Sportster lah yahh hehe…

lalu menurut saya pribadi, entah kenapa saya merasa Motobi 200 EVO ini mungkin merupakan salah satu motor Benelli yang memang diciptakan sangat baik oleh Benelli dan desainnya pun cukup “berbeda”. Maksud saya, dibandingkan dengan Benelli Motobi lainnya, si 200 EVO ini memiliki desain yang lebih bisa memanjakan mata dan lebih unik. Bahkan untuk finishingnya pun terasa lebih baik daripada motor cruiser Benelli lainnya yang memiliki kubikasi 250cc ke bawah. Well, ini hanya opini saya lhoo…

Bagian Depan

Kita mulai kepoin dulu bagian depan terutama untuk urusan kaki – kaki. Untuk suspensi depan masih menggunakan model teleskoptik biasa. Untuk bannya, khas motor cruiser, ban depan memiliki ukuran ring yang lebih besar dari ban belakang, dimana ban depan ini berukuran 90/90-17. Ban depan ini membalut velg sport palang 10 yang berwarna hitam. Bentuk velgnya keren juga sih, sesuai dengan temanya hany cruiser modern klasik. Untuk pengereman depan menggunakan rem cakram. Yang menarik dari bagian depan ini juga adalah posisi penempatan dudukan plat nomor. Jadi plat nomor depan diletakkan posisinya diatas spakbor depan. Menurut saya, Benelli pintar dalam dalam menemoatkan posisi dudukan plat nomor ini diatas spakbor. Ini membuat tampilan si Motobi EVO 200 ini terlihat lebih clean terutama di area sekitar lampu dan dashboard. Soalnya kan masih ada tuh beberapa motor yang dudukan plat nomor depannya diatas lampu, which is sangat mengganggu dan membuat tampilan depan motor jadi rada rusak, soalnya kaya motor yang ditempelin koyo dijidat..

Sesuai tema desain motor ini yang cruiser retro modern, maka semua lampu dibagian depan, baik lampu utama dan lampu sein, bentuknya bulat. Lampu ini juga masih menggunakan bohlam biasa yang warnanya kuning.

Nah inilah wujud dari dashboard dan setang dari Motobi 200 EVO. Terlihat simpel dan ngak ribet banget. Model setang berwana hitam layaknya motor cruiser, agak lebar namun sedikit mengarah kedalam. Untuk bentuk dashboardnya juga simpel banget hanya berupa satu layar digital berbentuk lingkaran yang menyediakan segala informasi mengenai motor. Buat yang bertanya, dimana lubang kunci motor ini?? posisi lubang kuncinya bukan ada ditengah segitiga setang kaya motor pada umumnya bro and sis. Posisi lubang kuncinya justru ada disebelah kanan, bagian bawah dari segitiga setang. Jadi posisi lubang kuncinya kaya motor motor klasik jadul gitu macam seperti Harley Davidson, Royal Enfield, atau CB100 lawas. Kalau dilihat juga dashboard dan setangnya terlihat rapi, tidak ada kabel yang berantakan.

Seperti dibilang sebelumnya, bentuk dashboardnya simpel banget bro and sis, hanya berupa layar berbentuk lingkaran. Jika dinyalakan, tulisan layarnya berwarna hitam dengan latar backlight berwarna biru. Ini tulisannya masih terbaca jelas kok, hanya saja jika dikondisi dimana posisi matahari sedang tingginya dan sinarnya terik, layar dashboard ini suka silau karena cahaya matahari. Untuk informasi yang tercantum pun cukup lengkap, ada speedometer yang berupa angka digital besar ditengah, ada tachometer yang mengelilingi pinggiran layar dimana maksimum rpm-nya 12000, odometer yang posisinya diatas angka speedometer, indikator bensin yang ada dibawah speedometer, dan lampu – lampu indikator status motor dibawah indikator bensin. Kalau bentuk dashboard begini, jadi teringat dashboard lingkaran milik Harley Davidson, Triumph atau Ducati Scrambler.

Berikutnya adalah setang kanan dari Motobi EVO 200 ini bro and sis. Tombol di setang kanan ini hanya ada tombol starter dan engine kill switch. Yang unik dari motor ini adalah tombol seinnya. Tombol seinnya meniru model tombol Harley Davidson dimana tombol sein kanan ada disebelah kanan dan tombol sein kiri ada disebelah kiri. hmm, kalau yang belum biasa bakal kikuk nih mengoperasikan tombol sein ini. Kalau untuk pegangan setangnya sendiri termasuk nyaman digenggam. Bahan karetnya bikin tangan ngak melintir dalam memutar gas.

Tuh, keliatan kan bro and sis, terdapat lampu sein kiri disetang kiri motor ini. Karena posisi tombol lampu sein yang tidak dalam satu tempat, membuat rider motor ini bisa merasakan seolah – olah bawa Harley versi mini hehe.. Untuk tombol lainnya, terdapat tombol klakson dan lampu jauh dan dekat.

Bagian Tengah

Sekarang kita lihat wilayah bagian tengah. Bentuk tangki bensinnya model tangki yang ada pada umumnya motor cruiser, mirip tangki model teardrop punya Harley gitu. Kapasitas tangkinya sendiri cukup lumayan yaitu 11,8 liter bro and sis. Terlihat juga yah posisi kontak kunci yang saya bilang sebelumnya ada dbagian samping kanan bawah, didepan tangki.

Untuk joknya menggunakan model tandem, dimana bangku pengendara dan bangku penumpang modelnya menyatu. Bangku belakang penumpangnya sendiri lebih tinggi dari bangku depannya. Bangkunya sendiri juga tergolong empuk untuk diduduki dan lebarnya pas, ngak kelebaran serta ngak kekecilan. Termasuk nyaman lah saya kira bila untuk diduduki dalam perjalanan jarak jauh.

Untuk urusan mesin, Motobi 200 EVO menggunakan mesin satu silinder 197 cc, oil cooled (berpendingin oli), yang menghasilkan torsi sebesar 13,9 Nm pada 6000 rpm. Namun untuk figur angka horse powernya, Benelli belum merilis informasinya bro and sis. Nah, nanti bagaimana feel tenaga dari mesin ini akan saya bahas diartikel test ridenya yah. Hmm, tapi kalo menurut saya pribadi, mungkin akan lebih terlihat berisi kali yah kalo motor ini memakai mesin 250cc hehe…

Detail lainnya yang bro and sis bisa lihat di motor ini adalah adanya side cover body yang posisinya ada dibawah bangku depan. Cover ini terdapat tulisan Pesaro Motobi 200 EVO. Untuk tulisan Pesaro-nya saya ngak tahu maksudnya apa. Bisa dilihat juga, untuk footstep / pijakan kaki penumpang belakang bisa dilipat dan langsung menyambung ke frame motor.

Bagian Belakang

Lanjut bro and sis ke bagian belakang, kita lihat dari sisi kiri belakang dulu. Terlihat yah, untuk sistem penggerak menggunakan rantai. Lalu, swingarm Motobi 200 EVO ini juga cukup panjang sehingga membuat wheelbase motor ini lumayan melar. Pada bagian swingarm juga terdapat cover rantai yang melindungi rantai pada bagian atas. Suspensi belakangnya sudah menggunakan double suspension yang sudah menggunakan tabung. Untuk ban belakangnya, layaknya motor cruiser ban-nya memiliki ukuran yang lebih besar dan lebih tebal namun dengan diameter velg yang lebih kecil. Ban belakang ini berukuran 130/90-15 yang membalut velg hitam berpalang sepuluh.

Sementara pada bagian kanan belakang, terlihat untuk pengereman sudah menggunakan rem cakram. Suspensi jelas sudah menggunakan tabung. Model knalpotnya juga lumayan keren bro and sis menurut saya, modelnya pendek dan diberi detail cover knalpot berwarna silver. Dan seperti cruiser umumnya, posisi knalpot diletakkan cukup rendah..

Lanjut bro and sis ke bagian ekor si Motobi 200 EVO ini, Bagian ekor motor ini modelnya pendek dan entah kenapa model ekor pendek begini memang mengingatkan kepada motor HD terutama yang model Sportster atau Fourty-Eight. Model ekornya (yang juga berfungsi sebagai spakbor), pendek dan minimalis. Sama seperti didepannya yang simpel, bagian ekor ini hanya terdapat lampu rem dan lampu sein yang bentuknya bulat. Lampu – lampu ini juga masih menggunakan lampu bohlam biasa bro and sis. Kalau dilihat difoto memang tidak terlihat adanya tempat plat nomor. Nah, untuk tempat plat nomornya justru terletak di mudguard yang terpisah dari ekor. Jadi model mudguardnya kaya model mudguard milik Ducati Scrambler atau Diavel yang letaknya dibelakang ban belakang bro and sis. Sayangnya, saya lupa foto mudguard ini…

Ergonomi

Setelah membahas fisik si Motobi 200 EVO ini, langsung kita bahas mengenai ergonominya bro and sis. Saya sendiri sebagai rider memiliki tinggi 170 cm dan badan yang cukup “berisi” hehe.. Begitu duduk diatasnya, kaki masih bisa menapak sempurna ke tanah. Ini dikarenakan memang ketinggian bangkunya yang rendah. Karena itu, saya yakin banget ini motor sangat friendly untuk ketinggian rata – rata orang dewasa Indonesia bro and sis. Dari foto juga terlihat yah kalo motornya tuh slim banget dibandingkan badan saya sendiri hehehe…

Berbicara mengenai segitiga ergonomi si Motobi 200 EVO ini, posisi ridingnya memang motor cruiser banget. Posisi kaki lebih kedepan dikarenakan posisi footstep yang maju kedepan bahkan hampir sejajar dengan setang. Posisi duduknya rendah dengan bangku yang empuk. Punggung pun menjadi lebih tegap dengan posisi tangan yang lurus kedepan memegang setang. Ketinggian setangnya juga pas menurut saya, karena tingginya sejajar dengan perut saya yang punya ketinggian 170 cm ini. Bagi saya, posisi duduknya termasuk rileks bro and sis dan memang seperti inilah posisi duduk motor cruiser pada umumnya. Posisi ini tergolong enak dan santai untuk perjalanan jauh, namun kekurangan dan posisi ini adalah agak sulit dalam melakukan manuver apalagi jika dalam keadaan macet yang butuh manuver – manuver patah dan cepat (selap – selip).

Okee deh bro and sis, sekian dulu review fisik Benelli Motobi 200 EVO dari saya. Secara keseluruhan memang Motobi 200 EVO ini adalah motor cruiser dengan tampilan yang cukup menarik. Dan jika anda termasuk orang yang sedang mencari medium cruiser, maka Motobi 200 EVO ini layak diperhitungkan. Untuk harganya sendiri, Benelli melepas Motobi 200 EVO dengan harga 30,8 juta rupiah saja. Jadi cukup value for money lah yah. Sejauh yang saya tahu juga, motor ini dijual dengan dua pilihan warna yaitu merah dan abu – abu. Untuk sesi test ride dan feeling berkendaranya akan saya ceritakan di artikel berikutnya yah. Terima kasih bro and sis telah membaca, semoga info ini berguna.

Spesifikasi Benelli Motobi 200 EVO

Mesin
Displacement197cc
Engine mode1-cylinder/4-stroke/2-valve
Bore x strokeø63.5×62.2 mm
Max Torque13.9N.m/6000 r/min
Compression Ratio8.3:1
Fuel systeminjection
IgnitionEFI
StarterElectric & Kick
Lubrication systemPressure splash lubrication
Cooling systemoil-cooled
Gearbox5-speed
Transmission typefinal drive Chain
Clutch TypeWet multi-plate
Rangka
Frame typeBassinet type
Front suspensionTelescopic forks
Front suspensiontravel 120mm
Rear suspensionTelescopic coil spring oil damped
Rear suspensiontravel 55mm
Fr. tyre90/90-17
Rr. tyre130/90-15
Fr. BrakesDisc
Fr. brakes diameter280mm
Rr. brakesDisc
Rr. brakes diameter240mm
Dimensi
Dry weight156kg
Seat height715mm
Overall Length2140mm
Overall Width800mm
Overall Height1050mm
Ground Clearance150mm
Wheelbase1440 mm
Fuel capacity11.8L

By: Axel Mahal for giginetral.com

Sumber foto: dokumen pribadi.

 

 

 

 

One thought on “Review Fisik Benelli Motobi 200 EVO: Cruiser Terbaru dari Benelli”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *