Ducati Akan Membangun Motor cc Kecil ??

Sobat pembaca sekalian, tentunya anda semua sudah tahu bahwa Ducati adalah perusahaan dari Italia yang terkenal sebagai produsen dari motor-motor besar yang eksotis. Selain eksotis, motor besar yang dijual Ducati pun juga cukup mahal harganya tapi disaat yang bersamaan Ducati juga memberikan rasa prestise lebih kepada para pemiliknya. Ibaratnya dibanding brand Jepang, kalau punya Ducati rasanya tuh “its something” lahh hehe…

Lalu, bagaimana jika Ducati yang terkenal memproduksi motor besar mewah malah tertarik untuk membangun motor cc kecil ?? Yapp, anda ngak salah baca, karena memang telah beredar kabar sob kalau Ducati akan membangun motor dengan kubikasi kecil, alias motor 400cc kebawah..

Untuk meluluskan rencana memproduksi motor cc kecil, Ducati rencananya akan membangun kerja sama dengan Hero Motocorp India. Bentuk kerja samanya antara Ducati dan Hero Motocorp India ini akan dilakukan dengan cara Ducati yang akan mendesain motornya yang meliputi desain sasis, body, mesin, dan bagian motor lainnya, sedangkan Hero bertugas untuk melakukan kegiatan produksi yang meliputi perakitan mesin, sasis, dan motor. Ducati sendiri memilih bekerja sama dengan Hero Motocorp karena mereka menganggap iklim pasar di India yang sedang berkembang pesat memungkinkan untuk membangun kerja sama memproduksi motor dan dipilihnya Hero Motocorp sendiri karena perusahaan India ini merupakan salah satu yang terbesar di India dan memiliki jaringan yang sangat kuat.

Jika kerja sama ini nantinya akan berjalan mulus dan sudah mencapai kesepakatan, bukan tidak mungkin sob dimasa depan kita akan melihat Ducati dengan cc 300 kebawah akan berseliweran dijalan raya. Untuk saat ini pun, Ducati sendiri telah memiliki Scramble Sixty2 (400cc) sebagai motor dengan cc terkecil yang telah mereka produksi. Di masa yang akan datang, bisa saja Ducati akan mempunyai line up dengan kubikasi mesin 400cc kebawah. Dan ini juga artinya, Ducati akan semakin terjangkau sob, mengingat motor kubikasi kecil ini memang akan dijual dipasar Asia terlebih dahulu dengan harga yang sangat kompetitif. Apalagi dirakitnya di India, yang berarti ini merupakan langkah untuk menekan biaya produksi…

Well, sebenarnya berita pabrikan motor besar eropa yang memproduksi motor dengan cc kecil bukanlah hal baru. Langkah ini sudah diambil terlebih dahulu oleh KTM – Bajaj dan BMW – TVS. KTM – Bajaj telah memproduksi dan menjual varian Duke dan RC dengan mesin 390cc kebawah, sedangkan BMW – TVS telah memproduksi dan menjual varian G310 dan G310 GS. Nantinya langkah ini akan diikuti oleh Ducati dan Harley Davidson. Nah, mungkin ada yang bertanya kenapa pabrikan eropa melakukan hal ini dan kenapa memilih India sebagai basis produksinya ?? mengenai pertanyaan ini nanti akan kita bahas di artikel berikutnya sob.

Kalau begini, nanti bakal makin sering nih kita melihat motor buatan India bermerk Eropa atau Amerika yang bersliweran dijalan raya. oh yah, yang sudah ngidam Ducati namun belum kesampaian, segera siapkan celengan yahh hehe… Okeh sob sekian dulu, semoga info ini berguna.

By: Axel Mahal for giginetral.com

 

One thought on “Ducati Akan Membangun Motor cc Kecil ??”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *