Mengenal Vespa Bertenaga Listrik: Vespa Elettrica Dengan Teknologi FI

Sobat sekalian, untuk kalian yang merupakan pecinta Vespa tapi disaat yang bersamaan anda adalah pecinta lingkungan atau mungkin pecinta teknologi dan anda membutuhkan kendaraan listrik, tidak perlu menunggu lama lagi karena Piaggio Group selaku pabrikan yang memproduksi Vespa, akhirnya akan memulai proses produksi Vespa bermesin listrik yang bernama Elettrica yang akan dimulai pada bulan ini yaitu September 2018 sob. Vespa Elettrica adalah Vespa modern yang sudah dibekali oleh mesin full listrik. Ada juga yang versi hybridnya, dimana satu motor menggunakan dua mesin, mesin bensin sebagai generator saja mesin listrik sebagai penggerak roda yaitu Vespa Elettrica X.

Secara desain, Vespa Elettrica ini memang mirip banget dengan varian Vespa Primavera yang telah beredar sekarang. Paling yang membuat Elettrica berbeda dari Primavera adalah pewarnaannya, dimana Elettrica menggunakan hiasan list berwarna biru yang, seperti kendaraan listrik pada umumnya, menandakan bahwa motor ini adalah motor listrik.

Untuk urusan dapur pacu, Vespa Elettrica akan menggunakan baterai Litium-Ion yang menghasilkan tenaga 2 kW sampai dengan 4 kW dengan waktu untuk dichas sampai full butuh waktu 4 jam. Baterai yang sudah difull charge ini dapat dipakai berkendara sejauh 100 kilometer dengan usia 1000 kali charge. hmm… kalau melihat jarak tempuh motor ini not so bad lah yah untuk motor listrik.

Sementara untuk varian hybrid, yaitu Vespa Elettrica X yang menggunakan mesin bensin dan listrik secara bersamaan memiliki jarak tempuh yang lebih bagus yaitu sejauh 200 km dari keadaan bensin dan listrik dalam kondisi full. Mesin bensin ini hanya bertugas sebagai generator sob yang bertugas untuk mengisi ulang mesin listrik selama perjalanan. Jadi tetap yang menggerakkan motornya adalah mesin listrik..

Menariknya, Vespa Elettrica ini juga mengadopsi salah satu teknologi canggih yang digunakan di ajang balap jet darat Formula 1 (F1) yaitu teknologi KERS. KERS yang kepanjangannnya adalah Kinetic Energy Recovery System secara penjelasan sederhananya adalah sistem yang mengambil dan menyimpan energi kinetik yang dihasilkan ketika kendaraan sedang melakukan pengereman dan energi tersebut diubah menjadi energi listrik dan disimpan dalam tempat penampung energi yang bentuknya flywheel atau baterai. Energi yang tersimpan ini sewaktu-waktu dapat digunakan sebagai bantuan tenaga tambahan untuk berakselerasi, jadi kaya semacam boost atau turbo singkat gitu sob..

Nah, mengenai produksi si Vespa Elettrica, seperti yang saya katakan sebelumnya, Piaggio Group yang menaungi Vespa akan memulai produksi petama pada bulan September 2018 ini dan baru bisa dipesan secara online di Eropa pada Oktober 2018. Diperkirakan Vespa Elettrica akan mencapai dataran Asia pada awal 2019. Itu baru mencapai dataran Asia lhoo sob, jadi kemungkinan untuk sampai di Indonesia bisa lebih lama sedikit. Kita berharap saja, semoga Piaggio Indonesia akan memasukkan Vespa Elettrica ke Indonesia. So, untuk sekarang silahkan menabung dulu yahh sob mumpung masih lama motor ini sampai ke Indonesia. Oww yahh, untuk harganya bisa saja lebih mahal dari Vespa GTS 150 sekalipun hehe… Sekian info dari saya, semoga berguna sob..

By: Axel Mahal for giginetral.com

Sumber Gambar: google.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *