Feher Helmets: Helm Berpendingin AC Anti Kepanasan

Bro and sis sekalian, sebuah inovasi baru datang dari negeri Amerika mengenai sebuah teknologi pendingin pada Helm. Feher Helmet, sebagai pabrikan penciptanya, menciptakan helm yang sudah memakai AC didalamnya. Iyah sob, anda tidak salah baca, helm ini sudah menggunakan AC yang terintegrasi didalam helm. Helm buatan Feher Helmet ini bernama ACH-1, mempunyai semacam thermal module didalam helm yang akan mengalirkan udara dingin ke kepala si pengguna helm…Pasti bakal anti kepanasan dan gerah nih terutama untuk kita yang tinggal di negara tropis hehe… Yuk simak sob seperti apa wujud dan teknologi dari helm ACH-1 ini.

Foto Ini adalah wujud dari Feher Helmet ACH-1. Helm ini merupakan helm full face yang sudah menggunakan flat fisor yang ukurannya visornya cukup lebar sehingga memastikan area pandang kedepan yang lebih luas. Bagian dagunya agak sedikit menonjol kedepan dan sepertinya tidak ada lubang ventilasi. Bagian atasnya clean banget tanpa adanya lubang ventilasi apapun. Melihat kebelakang, ada tonjolan dibelakang helm ini, ini karena dibelakang itu adalah tempat module AC tersebut berada. Secara material, helm ini sendiri menggunakan bahan synthetic fiber-reinforced multi-layered fiberglass shell. Kalo menurut saya bentuk helmnya cukup keren lah yah sob.

Bentuk dari samping sekiranya seperti ini sob. Terlihat desain bentuk helm ACH-1 ini lebih melonjong, tidak membulat. Pada bagian belakang terlihat yahh agak menonjol dan juga terdapat lekukan kecil yang seperti membentuk sayap untuk memperbagus aerodinamika helm.

Nah, pada bagian belakang ini terdapat modul AC yang berfungsi mendinginkan kepala. Kalau melihat ukuran, ukurannya cukup besar yahh untuk dipasang pada helm. Pada bagian belakang ini juga terdapat lubang – lubang yang kalau menurut yang saya pahami, berfungsi sebagai pembuang hawa panas yang dihasilkan oleh kipas AC. Pada bagian belakang ini juga terdapat kabel sob, dimana kabel ini berfungsi untuk menyambungkan helm ke motor, jika baterai AC helm ini habis. Hmm…semoga ajah safety yahh sob, soalnya ngeri konslet atau akinya ngak kuat jika helm ini disambung ke motor. Butuh lebih banyak pembuktian ini. Pada bagian belakang ini, sobat sekalian bisa menemukan stiker DOT, karena helm Feher ACH-1 ini sudah mengantongi sertifikasi US DOT FMVSS 218 dan ECE 22.05 sehingga terjamin fitur keselamatannya.

Tampilan dari bawah, kalau dilihat di foto, terlihat tebal yah busanya. Untuk fitur keselamatan, helm ini sudah menggunakan pengunci model D-ring, jadi helm ini ngak bakal mudah lepas dari kepala ridernya ketika dipakai riding ataupun ketika rider terjatuh.

Kira-kira beginilah wujud dari modul AC-nya jika kita bongkar. Dapat dilihat disitu terdapat cooling module, penyaring udara, kabel yang menghubungkan helm dengan chasan atau dengan motor, dan modul ACnya sendiri.

Setelah kita melihat wujud helm Feher ACH-1 dan melihat wujud modul AC-nya jika dibongkar, kita akan melihat sob bagaimana kiranya kerja dari modul AC ini untuk mendinginkan kepala si rider. Jika melihat gambar diatas, dapat dilihat pada awalnya udara luar akan masuk melalui lubang ventilasi. Udara yang masuk ini akan disaring melalui filter, lalu menuju kipas. Kipas ini akan menghisap udara bersih dan membuang hawa panas kembali melalui ventilasi. Udara bersih yang dihisap kipas tadi akan diarahkan ke cooling module, dan muaranya, udara dingin pun dikeluarkan dari area belakang kepala. Udara ini akan terdistribusikan melalui semacam saluran udara yang mengalir sepanjang kepala dari belakang sampai kedepan dan berakhir di ventilasi udara di bagian dahi kepala. Kalau melihat cara kerjanya memang seperti pada AC umumnya, hanya ini menggunakan AC yang ukurannya jauh lebih kecil dan muat dihelm. Nah, untuk suhu ACnya sendiri saya tidak tahu apakah bisa diatur atau tidak, tapi berdasarkan pernyataan Feher Helmet di websitenya, udara AC yang keluar akan pas dan tidak menyebabkan kepala terasa “membeku”.

Overall, teknologi AC pada helm ini Feher ACH-1 ini merupakan sebuah inovasi untuk membantu rider merasa nyaman ketika berkendara di cuaca yang panas dan ini sangat membantu mereka yang tinggal didaerah atau negara tropis. Tentunya teknologi ini patut diapreasi dan wajib banget nih untuk kita coba dicuaca Indonesia saat musim panas. Sayangnya untuk saat ini, Feher ACH-1 ini hanya baru bisa dijual di dataran Amerika saja dengan harga $549.99 US Dollar. Yah bisa dihitung sendiri yah kira – kira berapa juta harga helm ini jika dikonversi ke rupiah. Oh yah, walau helm ini menggendong mesin AC dibelakangnya, Feher mengklaim bahwa helm ini hanya memiliki berat 1450 gram lhoo, yang berarti helm ini cukup ringan. Bisa dibilang kira – kira seberat helm Nolan standar lah…

Walau terlihat menjanjikan, tapi memang helm ACH-1 ini perlu banyak pembuktian dilapangan. Pembuktian lebih lanjut diperlukan karena Feher sendiri bukanlah perusahaan spesialis helm. Pembuktian lainnya juga meliputi, seperti bagaimana daya tahan kelistrikannya ?? Apakah ada fiture safety jika mengalami konslet ?? daya baterainya tahan seberapa lama ?? Bagaimana maintenance modul AC ini ?? Apakah helm ini bisa digunakan saat cuaca hujan deras ?? dan lain – lain. Itu adalah kiranya beberapa pertanyaan yang harus dibuktikan Feher Helmet mengenai helm ACH-1 terbaru mereka. Nah, kira – kira bakal ada yang berniat ngak yah memasukkan helm ini di Indonesia. Okeh sob, sekian dulu informasi mengenai helm Feher ACH-1 yang menarik ini, jika ingin mengatahui lebih lanjut mengenai spesifikasi helm ini dapat langsung mampir ke website Feher Helmet di alamat feherhelmets.com. Terima kasih telah membaca dan semoga berguna. Stay safe dijalan.

By: Axel Mahal for giginetral.com

Sumber gambar: google.com, screenshot youtube Feher Helmet, dan website feherhelmet.com

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *