Ducati Scrambler Icon Mendapat Update Terbaru Dari Ducati

Sob, sekitar 3 atau 4 tahun yang lalu, Ducati meluncurkan motor sebuah motor naked dengan style yang waktu itu menurut saya sangat keren dan klasik, bahkan memukau hampir semua orang yang menyukai genre klasik dan pencampuran modern. Bahkan saking memukaunya, motor ini akhirnya menjadi motor yang paling laris penjualannya dan menjadi tulang punggung penjualan perusahaan Ducati. Motor keren yang saya maksud ini adalah Ducati Scrambler, khususnya varian yang paling standar yang mengawali semuanya yaitu Ducati Scrambler Icon.

Yap, setelah beberapa tahun dan banyaknya variasi dari Ducati Scrambler ini, akhirnya Ducati merilis update, dan bisa dibilang semacam facelift, dari Ducati Scrambler Icon ini sob. Tentunya update yang ada pada Ducati Scrambler Icon lebih bersifat kosmetik dan penambahan fitur saja.

Dimulai dari lampu, dimana Ducati Scrambler Icon 2019 ini sudah memakai lampu LED baik lampu depan, belakang, dan lampu sein. Lampu depannya sendiri diberi cover bentuk X yang ditempel didepan lampu mengikut model lampu Ducati Scrambler 1100. Untuk memudahkan modifikasi, bagian tangki motor mengalami revisi. Dari segi kenyamanan sendiri, Ducati juga merevisi bagian stang, bangku dan suspensi motor. Pada stang, Scrambler Icon terbaru ini mendapat stang baru yang lebih lebar untuk memantapkan pengendalian. Pada bangku, bangku direvisi menjadi lebih rendah tingginya dibanding generasi yang lama dan lebih empuk sehingga Ducati menjamin bangku motor ini lebih nyaman untuk rider dan penumpangnya. Sementara dari suspensinya, suspensi Scrambler Icon direvisi sehingga lebih empuk, tidak sekeras generasi yang lama, tapi tetap memiliki kendali yang mantap. Model velgnya pun juga berubah, dimana velg terbarunya menggunakan model 10 spoke alloy wheels mengikuti model velg saudara besarnya yaitu Scrambler 1100. Sistem pembuangan pun juga mengalami revisi kosmetik, dimana model muffler knalpotnya lebih membulat dari sebelumnya dengan hiasan warna hitam diujungnya…Setelah ngomongin perubahan dari segi kosmetik, maka kita beralih ke perubahan dari segi fitur. Scrambler Icon tebaru ini mendapat switchgear terbaru yang menurut Ducati lebih ergonomis. Kopling juga mengalami sentuhan, dimana kopling pada Scrambler Icon 2019 ini sudah menggunakan kopling hidrolik yang dapat diatur / adjustable. Untuk indikator lampu sein sudah dilengkapi dengan fitur self-cancelling. Perubahan fitur yang menurut saya cukup canggih pada motor ini adalah sobat sekalian bisa menyambungkan motor ini dengan handphone melalui via koneksi bluetooth. Bila sudah tersambung, maka dashboard terbaru motor ini dapat menampilkan data telepon, pesan sms, dan bahkan informasi musik. 

Dari sekian banyak update diatas, ada satu update pada motor ini yang menurut saya sangatlah penting dan berpengaruh signifikan terhadap keselamatan rider yang mengendarai motor ini. Scrambler Icon akhirnya mendapat update teknologi cornering ABS dari Bosch. Cornering ABS ini merupakan update dari ABS biasa, dimana sistem ini akan mencegah ban mengunci ketika melakukan pengereman yang keras / hardbraking pada saat rider dan motornya berbelok dengan sudut kemiringan yang tinggi / full lean angle. Dengan sistem cornering ABS ini, tentu membuat rider merasa aman dan lebih percaya diri dalam menaklukkan tikungan. Pokoknya, cornering makin lebih aman deh dengan kehadiran fitur ini.

Lalu bagaimana dengan dapur pacu ?? untuk mesinnya sendiri tidak ada perubahan sob alias masih menggunakan mesin yang sama. Scrambler Icon ini masih menggunakan mesin 800cc dua silinder dengan konfigurasi L-twin khas Ducati yang menghasilkan 75 dk dengan torsi 68 Nm. Kalau menurut saya, yang sudah pernah mencoba secara singkat Ducati Scrambler, karakter mesin Scrambler ini sangat menyenangkan sob, apalagi tendangan torsi dan tenaganya melimpah ruah. Fun to ride bangetlah… Yang terakhir, untuk membuat motor ini semakin menarik, Scrambler Icon ini mendapatkan pilihan warna baru yaitu Atomic Tangerine. Warna baru ini membuat Scramble Icon semakin fresh. Contoh warnanya dapat sobat lihat di foto diatas.

Jika sobat sekalian tertarik dengan Ducati Scrambler Icon terbaru ini, kita tinggal tunggu saja sob kapan motor ini akan masuk ke dealer Ducati Indonesia. Semoga saja tidak lama lagi dan harga barunya tidak berubah banyak yahh sob. Okeh, sekian info dari saya, semoga berguna sob. Salam Scrambler hehe…

By: Axel Mahal for giginetral.com

Sumber gambar: google.com, autocarindia.com, dan gearpatrol.com

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *