Suzuki Sebar Teaser Suzuki Katana Sob !!!

Katana, mendengar kata tersebut mungkin sebagian besar orang awam akan memahami bahwa Katana adalah pedang yang dimiliki oleh seorang ahli pedang dari Jepang, yaitu seorang samurai. Sementara di Indonesia sendiri kata Katana sebagian besar orang Indonesia akan merujuk kata “Katana” ini pada mobil mini offroad yang sangat praktis dan sangat tangguh yaitu Suzuki Katana, atau yang diluar negeri lebih dikenal sebagai Suzuki Jimny.

Namun, tahukah anda bahwa Suzuki juga mempunyai motor yang bernama Katana juga ?? Yap, selain mobil bernama Suzuki Katana yang terkenal di Indonesia, Suzuki juga mempunyai motor besar dengan nama yang sama. Motor Suzuki Katana sendiri di Indonesia memang tidak terlalu dikenal bahkan keberadaannya sendiri sangatlah langka dijalanan. Saya sendiri cukup beruntung bisa melihat satu unit motor Suzuki Katana 750 SE di sebuah bengkel moge didaerah Jalan Antasari, Jakarta Selatan.

Impresi pertama melihat Suzuki Katana ini motor asli keren banget dan unik sob. Motornya sendiri kekar banget mesin 4 silindernya dan tereskpos, Motornya sendiri memiliki body yang panjang dan memiliki half fairing yang bentuknya meruncing kedepan. cukup. Bentuk depannya ini yang menjadi ciri khas dari Suzuki Katana. Yang membuat motor ini sangatlah unik dan keren adalah lampu depannya menggunakan fitur “pop – up headlight”. Yap, lampu depannya bisa dilipat layaknya model lampu lipat yang ada pada mobil seperti Mazda RX7 atau BMW M1. Keren bangett bro and sis…

Sedikit flashback ke masa lalu, Suzuki Katana sendiri diproduksi dari tahun 1981 sampai dengan 2006. Motor ini memiliki desain yang unik karena pada awal kemuncullannya motor ini memang didesain oleh orang Jerman yang merupakan mantan desainer mobil BMW. Pada awal kemuncullannya ke publik, Suzuki Katana memiliki mesin 1100cc 4 silinder. Di daerah Amerika Utara sendiri Suzuki Katana juga dikenal dengan nama GSX1100S. Dalam perkembangan kedepannya, Suzuki Katana memiliki beberapa versi dengan kubikasi mesin yang cukup bervariasi, yaitu ada yang 550cc, 650cc, dan 750cc.


Nah, kembali ke pembahasan utama, produksi Suzuki Katana memang telah berakhir dulu, namun beberapa hari yang lalu, Suzuki merilis sebuah teaser yang sangat membuat penasaran dan berhubungan dengan generasi Suzuki Katana yang terbaru sob. Video teaser tersebut memperlihatkan pedang Katana dan tulisan yang sepertinya akan menjadi tagline buat New Suzuki Katana yaitu “Feel The Edge”.

Bagian video teaser berikutnya memperlihatkan bagian depan dari Suzuki Katana terbaru sob. Model half fairingnya kurang lebih konsep desainnya sama dengan Suzuki Katana yang lama, sehingga ciri khas masih melekat. Terlihat di video, lampu depan sudah menggunakan LED, lalu terdapat lampu DRL yang ada disamping kanan kiri lampu utama. Dibagian bawahnya juga terdapat lampu tambahan LED tambahan.

Nah, ini yang menarik sob, Suzuki memperlihatkan secara sekilas wujud full dari Suzuki Katana ketika sambil menikung. Kalo di screenshot frame by frame, lumayan keliatan lah yah sedikit bocoran bentuk dari Suzuki Katana. Secara keseluruhan, Suzuki Katana terbaru ini tidak meninggalkan desain ciri khas dari Suzuki Katana sebelumnya. Fairing depan yang modelnya runcing dan half-fairing atau bahasa customnya bikini fairing, Joknya masih model tandem, dan mesin 4 silinder yang besar yang belum diketahun cc-nya. Rumornya sih mesin yang digunakan adalah mesin 1000cc sob. Untuk bagian belakangnya, modelnya runcing dan menggunakan lampu rem yang modelnya terpisah. Lampu remnya juga sudah menggunakan lampu LED.

Bagi anda yang penasaran, tidak perlu menunggu lama lagi sob, Suzuki akan merilis All New Suzuki Katana ini pada ajang pameran motor di Jerman yaitu INTERMOT 2018 pada tanggal 2 Oktober 2018. Berarti besok hari yahh sejak artikel ini ditulis. So, ditunggu ajah sob seperti apa penampilan wujud asli dari All New Suzuki Katana. Pasti keren banget sob. Sekian info dari saya, semoga berguna bro and sis.

By: Axel Mahal for giginetral.com

Sumber gambar: Dokumen pribadi dan screenshot video teaser Suzuki Katana.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *