All New Yamaha MT-15 Telah Resmi Meluncur di Thailand. Desainnya Sangar Banget !!!

Bro and sis sekalian, maaf sebelumnya rada telat nih menelurkan artikel ini. Pada tanggal 6 Oktober 2018 lalu, Yamaha Thailand akhirnya merilis penerus dari Yamaha Xabre sob, yaitu All New Yamaha MT-15 dan aslii bentuk Yamaha MT-15 sudah sangat menganut desain MT-series sehingga sangat layak menjadi baby MT…

Desain bentuk keseluruhan sudah berubah total sob dari Yamaha Xabre yang lama. Bentuk yang sekarang secara keseluruhan sudah sangat menganut MT design. Dari bagian depan yang bentuk mukanya seperti robot dan terlihat sangar, bentuk tangki yang lebih padat, bentuk jok depan dan belakang yang bergabung, bentuk buntut yang juga mengalami revisi menjadi lebih tumpul, tidak setajam dulu. Secara keseluruhan bentuk desainnya mengingatkan kita pada kakak – kakak besarnya seperti MT-07, MT-09, dan MT-10. Sangarr banget !!!

Perubahan paling radikal di MT-15 terjadi pada bagian depan sob. Lihat saja foto diatas yang menunjukkan betapa galaknya muka si MT-15 ini. Muka depannya seperti robot yang sedang marah dan jika diperhatikan desainnya mirip dengan bagian depan dari MT-09, hanya ditambahkan lampu proyektor bulat di bagian bawah. Lampu depan ini sudah menggunakan lampu LED semua lhoo. Untuk lampu seinnya sendiri masih menggunakan lampu model biasa dan sepertinya belum LED. Untuk kaki bagian depan masih tetap menggunakan suspensi upsidedown warna kuning yang menjadi nilai jual dan jaminan handling mantap si MT-15 ini. Pokoknya sangar banget nih motor bagian depannya.

Untuk bagian tangki dan body juga mengalami perubahan. Bentuk tangki menjadi lebih tajam dan lebar bangian depannya, walau begitu kapasitas tangkinya malah lebih kecil dari Xabre yang lama, yaitu 10 liter (Xabre 10,2 liter). Tangki ini lalu menyambung dengan body shroud dibagian samping yang menutupi radiator dari samping. Jadinya terkesan berisi dan kekar. Bangkunya pun juga berubah, kalau dulu modelnya terpisah dan bertingkat, sekarang bangku depan dan belakang menyatu dan lebih nyaman untuk rider dan penumpang. Desain bangkunya disesuaikan dengan bahasa desain MT-series.

Soal urusan mesin, tentu Yamaha ngak mau setengah – setengah sob. MT-15 ini dibelaki mesin yang sama dimiliki oleh V-ixion terbaru yaitu mesin satu silinder 155 cc dengan teknologi VVA yang sudah dilengkapi dengan transmisi menggunakan assist dan sliper clutch. Wahh jaminan kencang, irit, dan smooth nih mesinnya. Soal pembuangan, mesin ini menggunakan knalpot yang modelnya mirip dengan V-ixion yang ada sekarang. Untuk mengenai spek lengkap mesinnya harus tunggu informasi resminya yah…

Dashboard tentu saja menggunakan model terkini. Dengan layar negative display yang keren, semua informasi tersaji secara digital dan lengkap banget. Dari posisi gear, indikator bensin, speedometer, tachometer, odometer, average consumption, trip a dan trip b, semua tersaji lengkap didashboard ini.

Untuk bagian belakang, lagi – lagi desainnya terinspirasi dari Kakak besarnya si MT-09. Mengikuti desain MT-series, bentuk belakangnya tidak lagi meruncing. Lampu belakangnya juga sudah berubah desainnya dan sudah menggunakan lampu LED. Dibawah lampu terdapat spakbor belakang yang cukup panjang dan menjadi tempat plat nomor berada dan lampu sein.

Okee deh sob, sekiranya itu dulu yang bisa saya sampaikan mengenai MT-15 ini. Overall desainnya berubah banget dari Xabre yang lama dan akhirnya saya rasa Yamaha finally mendengar keinginan konsumen dan mewujudkannya dalam wujud motor naked 155 cc yang masuk dalam kategori MT-family. Wah kalau udah bawa nama MT, sudah pasti ada rasa kebanggaan bagi rider yang mengendarai motor ini. Nantinya kemungkinan besar Yamaha MT-15 ini akan masuk dan diluncurkan di Indonesia pada saat pergelaran IMOS 2018 (Indonesia Motorcycle Show) pada akhir Oktober ini di JCC Senayan Jakarta sob. Atau bisa saja lebih cepat, who knows, semua tergantung keputusan dari PT. YIMM. Mengenai harga tentunya masih gelap yah sob, tinggal kita tunggu saja kehadiran motor ganteng dan sangar ini. Sekian sob info dari saya, semoga berguna, dan jangan lupa siapkan tabungan anda jika tertarik dengan MT-15 ini. Terima kasih telah membaca.

By: Axel Mahal for giginetral.com

Sumber gambar: google.com dan Iwanbanaran.com

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *