Mengenal The All New Yamaha MT-15. Naked 150cc MT-Series !!!

Halloo bro and sis sekalian, sudah lama nih tidak berjumpa. Karena berbagai kesibukan, akhirnya giginetral.com bisa update lagi. Pada artikel ini, saya akan membahas motor naked terbaru Yamaha yang baru diluncurkan secara resmi oleh Yamaha Indonesia sekitar minggu lalu, yaitu Yamaha MT-15, yang kebetulan waktu itu diluncurkan bareng legenda MotoGP, Pakde Valentino Rossi…

Sedikit flashback, sebelum Yamaha MT-15 hadir, di Indonesia telah ada Yamaha Xabre yang waktu itu sempet digadangkan sebagai MT-15. Ternyata YIMM berkata lain, Yamaha Xabre adalah Xabre, tidak termasuk dalam keluarga MT-Series. Setelah waktu berlalu, di Thailand, akhirnya Yamaha MT-15 hadir dan inilah yang oleh Yamaha dimasukkan sebagai keluarga MT-Series. Jadi, kalau saya tidak salah, untuk sekarang ini keluarga MT adalah, MT-15, MT-03, MT-25, MT-07, MT-09, dan MT-10. Barulah beberapa saat kemudian YIMM akhirnya merilis Yamaha MT-15 di pasar motor di Indonesia. Uniknya, kehadiran MT-15 sempat dikira akan menggantikan posisi Yamaha Xabre, namun ternyata ngak sob, MT-15 dan Xabre dijual beriringan oleh YIMM, Jadi jika anda merasa harga MT-15 kemahalan, anda bisa meminang Xabre dengan harga lebih murah. Berikutnya yuk kita lihat MT-15 ini seperti apa wujudnya.

Soal desain MT-15, satu kata yang menurut saya menggambarkan motor ini adalah “Sangar”. Lihat saja muka depan MT-15 yang sangar bak muka alien yang siap menginvasi jalan. Desain body dan tangki-nya pun khas desain Yamaha yang tajam – tajam desainnya. Lalu dengan adanya suspensi upsidedown berwarna emas didepan, menambah kesan kekar pada si MT-15. Walau begitu, perkara desain MT-15 memang masalah selera semua orang. Ngak semua orang suka kan dengan desain tajam ala alien gitu. But overall, desain MT-15 ini berhasil menangkap ciri khas dari MT-Series itu sendiri sebagai motor Naked dengan bentuk “sangar” ciri khas desain Yamaha. Cocoklah nih motor masuk MT-Family.

Perkara untuk mesin MT-15, tidak seperti Xabre yang menggunakan mesin 150cc yang lama, MT-15 sudah menggunakan mesin satu silinder 155cc dengan teknologi VVA (Variable Valve Actuation) yang sama digunakan oleh Yamaha Vixion NVL terbaru. Mesin 155cc terbaru dari Yamaha ini menghasilkan tenaga 19,4 hp pada 10000 rpm dan torsi 14,7 Nm pada 8500 rpm. Melihat outpout angka tenaga di atas kertas, tenaganya lumayan nampol sob. Untuk feeling mesinnya sendiri saya rasa bagi anda yang sudah pernah mencoba Yamaha Vixion NVL terbaru, rasa tenaganya pasti sama dengan di MT-15.

Setelah berbicara soal desain dan mesin, saatnya kita membicarakan soal fitur dan ternyata fitur yang disematkan ke MT-15 ini banyak sob. Mari kita runut dari depan. Untuk penerangan lampu depan semua sudah full LED baik lampu jauh, lampu dekat, dan Daytime Running Light-nya. Hanya lampu sein saja sob yang masih menggunakan bohlam. Lanjut, ke suspensi, jelas suspensi sudah menggunakan upsidedown berwarna emas yang eyecatching dan tentunya menjamin stabilitas mumpuni. Suspensi ini menghubungkan rangka dengan ban depan yang berukuran cukup besar yaitu 110/80-17. Karena ini motor naked streetfighter, jelas setangnya model baplang yang sudah dilengkapi dengan dashboard full digital menggunakan layar negative display. Untuk rem tentu sudah menggunakan rem cakram yah sob.

Lanjut ke tengah sob, tangki bensin memiliki kapasitas 10 liter. Untuk sasis tentunya menggunakan sasis deltabox. Joknya sendiri punya tinggi 810 mm, which is cukup tinggi untuk rata – rata tinggi badan orang Indonesia. Kalau yang naik punya tinggi dibawah 170 cm, biasanya kalau ketemu jok yang tinggi 800 mm keatas suka autojinjit nih. Bicara soal transmisinya sudah menggunakan fitur kopling assist dan slipper clutch sob, jadi bisa ganti gigi dengan sangat mudah. Oh yah, berat total motor ini 133 kg lhoo…

Lanjut ke bagian terakhir dari motor ini, yaitu bagian belakang. Untuk lampu pengereman sudah menggunakan LED juga sama seperti lampu depan, namun lampu sein tetap masih menggunakan bohlam. Untuk suspensinya sudah menggunakan monoshock yang dihubungkan dengan banana swing arm ke roda. Untuk roda belakangnya, ukurannya juga besar sob, yaitu 140/70-17. Wuih kombinasi ukuran besar ban depan dan belakang plus suspensi upsidedown pasti yahudd banget handlingnya. Untuk sektor pengereman belakang tentu sudah menggunakan rem cakram yah, jadi pengereman motor ini depan belakang sangat mumpuni sekali.

Okehh sob, sekian dulu info saya mengenai si MT-15 ini. Jika anda tertarik meminang motor ini ke garasi anda, tenang saja, MT-15 ini sudah tersedia cukup tersebar di dealer – dealer Yamaha. YIMM pun menawarkan MT-15 ini dengan tiga warna yaitu light grey, black, dan matte blue. Untuk meminang MT-15 tinggal siapkan mahar Rp 34.950.000,- untuk OTR (On The Road) Jakarta, sedangkan untuk daerah Jawa Tengah Rp 36.250.000,- dan Jawa Timur Rp 36.300.000,-. Harga di tiap daerah bisa berbeda yah sob tergantung pajak daerah masing – masing.

Sekian info dari saya tentang MT-15 dan terima kasih sudah membaca. Ride safe dan God Bless 🙂

Spesifikasi Yamaha MT-15:

DIMENSI
P x L x T1956 x 800 x 1.065 mm
Tinggi Jok810 mm
Jarak terendah ke tanah1.335
Berat133 kg
Kapasitas Tanki10 Liter
MESIN
Kapasitas155,1 cc
Jumlah SilinderTunggal, 4 valve, VVA
Jumlah CamshalftSingle (SOHC)
Sistem Bahan BakarFull Injection
Sistem PendinginCairan/Radiator
Sistem StarterElektrik
Sistem PelumasanBasah
Daya Maksimum14,2 kW (19,04 HP) / 10.000 rpm
Torsi Maksimum14,7 Nm / 8.500 rpm
Perbandingan Kompresi11,6 : 1
Diameter x Langkah58,0 x 58,7
TransmisiManual, 6-percepatan
Tipe KoplingMultiplate, Assist & Slipper Clutch
SASIS
TipeDeltabox
Suspensi DepanUp-Side Down
Suspensi BelakangBanana Swing Arm
Ukuran Ban Depan110/80-17 M/C (54P) Tubeless
Ukuran Ban Belakang140/70-17 M/C  (66S) Tubeless
Tipe Rem DepanDisc Brake
Tipe Rem BelakangDisc Brake
LAIN-LAIN
PeneranganTail&Head Lamp LED
SpeedometerFull Digital, Negative Display

Sumber:

Gambar diambil dari google.com

Spesifikasi dikutip dari Blogotive.com

By: Axel Mahal for giginetral.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *