Perpaduan Antara Klasik dan Masa Depan: The All New Honda CB650R Neo Sport Cafe

Bro and sis, beberapa minggu yang lalu, Indonesia, lebih khusus lagi Kota Bandung, kedatangan tamu seorang pembalap MotoGP yang telah menjuarai juara dunia MotoGP tahun lalu. Siapa lagi kalau bukan, “The Alien” Marc Marquez. Kedatangan Marq ke Kota Bandung merupakan suatu rangkaian acara yang diadakan oleh AHM untuk mempertemukan Marq dengan penggemarnya di Indonesia. Wah, kalau sobat sekalian baca – baca artikel mengenai acara Marc bertemu penggemarnya, asli ramai banget sob dan heboh acaranya.

Namun, dalam artikel ini, kita tidak akan fokus ke acara Marc. Pada artikel ini kita akan lebih fokus membahas salah satu motor besar yang diluncurkan oleh AHM bersamaan dengan acara meet and greet Marq Marquez. Kehadiran motor ini di Indonesia langsung menjadi perhatian karena bentuknya yang sangat keren. Motor itu adalah The All New Neo Sport Cafe Honda CB650R.

Sebelum bahas motornya, mari kita bicarakan sedikit tentang Neo Sport Cafe. Neo Sport Cafe adalah konsep yang diperkenalkan Honda dimana konsep ini merupakan perpaduan dari desain klasik dan masa depan. Kalau saya ngak salah ingat konsep ini diperkenalkan sekitar tahun 2017. Sesuai namanya, “Neo” yang merujuk pada masa depan dan “Sport Cafe” yang merujuk pada masa lalu, dimana pada masa lalu, salah satu desain motor yang terkenal adalah desain Cafe Racer. Perpaduan desain antara klasik dan masa depan ini, maka akan menghasilkan sebuah motor yang memiliki bahasa desain klasis ala-ala motor cafe racer jaman dahulu, ditambah dengan fitur – fitur terkini dari masa sekarang seperti layar digital, lampu LED, fitur elektronik, dll. Maka dengan perpaduan desain itu, lahirlah konsep “Neo Sport Cafe”. Konsep ini sendiri diterapkan di motor – motor naked Honda khususnya CB series yaitu diantaranya, CB150 ExMotion, CB250R, CB300R, CB650R, dan CB1000R. Karena semua motor CB series ini menggunakan konsep “Neo Sport Cafe” maka bentuk dari motor – motor secara konsep mirip semua. Tentunya desain “Neo Sport Cafe” ini mendapat tanggapan sangat positif dari para penggemar motor karena memang keren sob. Ok, setelah bahas konsep desainnya, mari kita bahas si Honda CB650R Neo Sport Cafe ini…

Kita bahas soal desain dulu sob. Kalau menurut saya sendiri, secara keseluruhan desain CB650R ini ganteng abiss. Seperti desain khas Honda yang kita kenal, desainnya kalem, ngak aneh – aneh, tapi tetap aura gagahnya motor ini keluar. Perpaduan retro dan modern terlihat banget di motor ini seperti penggunaan lampu bulat namun sudah full LED, tangki yang kalem modelnya namun berukuran tidak terlalu besar, jok-nya model tandem (menyambung depan belakang) namun mendapat sentuhan modern, dan lainnya. Tentunya karena ini merupakan seekor CB650, yang membuat desain motor ini tambah berotot adalah bagian mesinnya. Lihat saja sob, mesin yang terekspos dibalut warna emas tua dan dari depan mesin keluar 4 pipa knalpot yang saling sejajar membuat tampilan motor jadi berotot. Secara pribadi desainnya keren banget. Nah, bagaimana menurut anda tentang tampilan motor ini…??

Mengenai soal dapur pacu alias mesin, Honda CB650R masih menggunakan mesin yang sama dengan pendahulunya yaitu CB650. Mesin ini berkonfigurasi 4 silinder segaris (inline) yang berkapasitas 649cc, liquid cooled dan memiliki rasio 11,6:1. Untuk bore and stroke-nya berkonfigurasi 67 mm x 46 mm. Dengan spesifikasi mesin tersebut, CB650R dapat memuntahkan tenaga sekitar 94 hp pada 12.000 rpm dan torsi maksimum mencapai 64 Nm pada 8.500 rpm. Mesin ini dikawinkan dengan transmisi 6 percepatan dan sudah memakai teknologi injeksi khas Honda yaitu PGM-FI. Untuk mengatur tenaga mesin, sayangnya CB650R tidak dilengkapi dengan riding mode. Sebagai gantinya, Honda sudah menyematkan teknologi Honda Selectable Torque Control System (HSTC) yang berfungsi untuk mengatur traksi ban torsi agar motor ini tidak mengalami slip saat melewati jalan basah atau licin. Well, untuk performa moge 650cc, tenaganya cukup lumayanlah…

Untuk urusan kaki – kaki si CB650R ini juga cukup mumpuni sob. Untuk kaki didepan, sudah menggunakan suspensi upsidedown 41 mm dengan fitur Showa Separate Function Fork (SFF). Sedangkan untuk kaki dibelakang, sudah menggunakan suspensi monoshock yang juga buatan Showa. Dengan spek kaki – kaki seperti ini dijamin akan pengendalian yang mantap, nyaman dan nurut nih khas motor Honda nih.

Soal urusan deselerasi, bagian pengereman depan menggunakan rem dual disk berukuran 310 mm yang diapit dengan 4 kaliper piston radial-mount. Untuk bagian belakangnya, menggunakan rem cakram 240 mm yang diapit satu piston kaliper. Agar pengereman yang pakem ini juga semakin mantap dan aman serta untuk mencegah ban mengunci kalau mengerem, maka piranti ABS pun sudah disematkan. Semua pengereman dan suspensi yang telah dijabarkan diatas, menghubungkan sasis dengan ban berukuran besar yaitu ukuran 120/70ZR-R17 untuk ban depan dan 180/55Z-R17 untuk ban belakang. Bisa dibilang urusan kaki – kaki si CB650R ini cukup ciamik untuk menjadi partner sunmori atau touring jarak jauh hehe…

Soal fitur, bukan Honda namanya kalau tidak canggih. Sesuai tagline “Neo Sport Cafe”, CB650R sudah dilengkapi dengan instrumen dashboard digital yang menggunakan layar LCD. Layar ini memuat informasi yang lengkap tentunya seperti speedometer, tachometer, gear positition, temperatur, jam, trip meter, konsumsi bahan bakar, engine warning, dan indikator lampu sein. Informasi yang disajikan lengkap deh sob. Fitur canggih lainnya justru ada dibagian transmisi yang sudah menggunakan kopling Slipper Clutch. Dijamin saat turun gigi, proses deselerasinya akan berlangsung sangat mulus tanpa ada hentakan tiba – tiba.

Untuk hal lainnya, CB650R ini memiliki kapasitas tangki bensin 15,4 liter, yang dengan perpaduan mesin yang sudah injeksi, akan menjadikan moge ini menjadi moge yang cukup hemat bahan bakar. Satu yang cukup harus diperhatikan juga adalah bobotnya sob. CB650R ini ternyata memiliki bobot yang lumayan yaitu sekitar 202 kg. Untungnya tinggi joknya ngak tinggi amat, masih sekitar 810 mm. Kalau untuk rata – rata tinggi orang dewasa Indonesia yang sekitar 170 cm, masih bisa jinjit – jinjit sedikit.

Nah, sampailah kita dibagian yang akan membuat mata ini berair. Bagian apa itu yang membuat mata berair ?? yaitu perkara harga sob. ehmm… AHM melepas si CB650R Neo Sport Cafe ini dengan harga resmi On The Road (OTR) Jakarta senilai Rp.265 juta (dua ratus enam puluh lima juta rupiah). Yap, harga motor ini 200 juta lebih sob untuk motor dengan kapasitas 650cc. Tentunya, harga mahal ini harap dimaklumi karena memang pajak moge di Indonesia yang luar biasa tingginya bro and sis. Sebagai perbandingan saja, moge Kawasaki Z900 yang ber-cc lebih besar dan 4 silinder juga, dilepas dengan harga Rp. 225 juta saja. Jadi, apakah harga CB650R termasuk tinggi untuk motor sekelasnya ?? Well, saya biarkan kepada anda untuk menilai.

AHM menjual Honda CB650R ini dalam empat pilihan warna sob yaitu Graphite Black, Candy Chromosphere Red, Matt Jeans Blue Metallic, dan Matt Crypton Silver Metallic. Okeh deh sekian informasi dari saya, jika sobat sekalian tertarik langsung saja datangi dealer Honda Big Wing terdekat. Semoga tertarik sob dan terima kasih sudah membaca.

Spesifikasi Honda Cb650R Neo Sport Cafe:

DIMENSI
Panjang2,130 mm
Lebar780 mm
Tinggi1,075 mm
Tinggi Tempat Duduk810 mm
Tangki Bensin15.4 Liter
Berat202 kg
Wheelbase1,450 mm
Ground Clerance150 mm
MESIN
Tipe Mesin4-stroke 16-valve DOHC inline-4 cylinder
Sistem PendinginLiquid-cooled
Kapasitas Mesin649 cc
Tenaga70 kW / 12.000 rpm
Torsi64 Nm / 8.500 rpm
Sistem PembakaranPGM-FI Electronic Fuel Injection
Transmisi6-Speed
StarterElectric
Bore X Stroke67 mm x 46 mm
Rasio Kompresi11.6:1
Tipe KoplingWet multiplate, Slipper Clutch
Konsumsi BBM20.4 km/liter
KAKI-KAKI
RangkaSteel Diamond Twin-Spar
Ban Depan120/70ZR17 M/C (58W)
Ban Belakang180/55ZR17 M/C (73W)
Suspensi DepanUpside Down 41 mm (Showa)
Suspensi BelakangMonoschock (Showa)
PENGEREMAN
Sistem PengeremanABS 2 Channel
Rem DepanDual Disk Brake 310 mm – 4 Piston Caliper
Rem BelakangSingle Disk Brake 240 mm – 1 Piston Caliper

Sumber spesifikasi: www.otomotifo.com

Sumber gambar: google.com

By: Axel Mahal for giginetral.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *