Tesla Model 3: Review Singkat Interior Tesla Model 3

Halloo bro and sis, beberapa waktu lalu, sebelum wabah corona menyerang Jakarta, saya pergi bersama Ibu saya ke Mall Plaza Indonesia untuk membeli barang yang diperlukan Ibu saya. Kebetulan saya ingat, di Plaza Indonesia terdapat dealer Prestige Image Motorcars di lantai 1 yang memajang Tesla Model 3 yang dijual. Mumpung lagi dekat dealernya, saya pun pergi untuk melihat Tesla Model 3 secara langsung. Dalam tulisan ini saya akan memberikan review singkat Tesla Model 3 terkait interior dan eksteriornya. Saya tidak membahas hal teknis dulu yah sob soalnya belum merasakan test drive mobilnya hehehe…

 

20200311_135804

Sampai didealer Prestige Image Motorcars, saya langsung disambut oleh dua mobil Tesla Model 3 berwarna merah dan putih, serta langsung disambut dengan sales tentunya. Begitu melihat Tesla Model 3 secara langsung, impresi pertama saya bahwa mobil ternyata tidak besar amat ukurannya. Modelnya seperti hatchback dengan atap yang rendah. Desainnya juga sangat modern seperti mobil – mobil konsep dan mobil ini memiliki desain yang terlihat sleek dan aerodinamis. Desain aerodinamis tentunya dibutuhkan agar mobil ini dengan mudah menembus angin.

20200311_135807

Mulai dari bagian depan sob, melihat bagian depan memang Tesla Model 3 terlihat agak hambar sedikit, karena tidak seperti mobil bensin umumnya, Tesla Model 3 tidak memiliki grill atau lubang angin didepannya. Grill biasanya ada didepan mobil sebagai lubang angin agar radiator mendapat pasokan udara. Tesla Model 3 sebagai mobil listrik tentu tidak memerlukan radiator, makanya dibagian depan terlihat bersih dan clean tanpa kehadiran grill. Lubang didepan hanya terlihat dibagian ujung kanan kiri bumper yang berfungsi untuk mendinginkan rem dan dibagian ujung bumper depan.

Untuk penerangan didepan, semua lampu sudah menggunakan LED dan memiliki Daytime Running Light dibawah lampu utama. Kalo sobat perhatikan, diantara lampu, terdapat garis body yang merupakan seperti panel kap mesin. Tapi ternyata itu bukan kap mesin sob…

20200311_135405

20200311_135409

Buka kap depan, maka anda mendapatkan bagasi tambahan didepan. Karena ini adalah mobil listrik, maka tidak ada mesin didepan, sehingga dibagian depan dapat digunakan sebagai bagasi tambahan selain dari bagasi belakang. Ukuran bagasinya memang tidak terlalu dalam, tapi sangat lebar, cukup untuk menaruh koper ukuran sedang didalam bagasi depan.

2019-tesla-model-3-101-1574807022

Lanjut ke bagian samping, desain melengkung lanjut ke bagian belakang. Pada atap Model 3 sama seperti mobil Tesla lainnya yaitu berupa kaca. Jadi memang kaca mobil ini mulai dari depan dan berakhir sampai ke belakang seperti satu kesatuan. Namun tidak perlu khawatir soal panas sob, karena kaca pada bagian atas telah diberi lapisan berwarna hitam sehingga panas tidak tembus ke kabin.

Soal urusan sepatu, Tesla Model 3 menggunakan ban berukuran velg 18 inci. Sayangnya, saya tidak melihat ban yang dipakai mereknya apaan. Walau begitu, velg Model 3 ini cukup unik karena memiliki cover khusus yang dinamai aero wheels. Bentuk cover tersebut bisa sobat lihat difoto atas. Cover ini saya duga berfungsi untuk membantu aerodinamika mobil semakin bagus terutama untuk angin yang melewati bagian roda. Uniknya cover velg ini bisa dilepas dan disimpan dibagasi jika anda merasa bosan dengan cover velg ini.

MzAzNzY4Ng

Untuk urusan pintu, yang membedakan Tesla Model 3 dari mobil pada umumnya juga terdapat di handle pintunya. Handle pintu mobil ini mirip dengan handle pintu yang ada di mobil sport, dimana handlenya rata dengan pintu (tidak menonjol). Untuk membukanya, cukup bagian belakang handle, maka bagian depan handle akan membuka keluar lalu anda tarik, maka pintu akan terbuka. Serasa naik mobil sport deh.

20200311_135543

20200311_135538

 

Berikutnya mari kita lihat interior dari mobil ini. Jika anda adalah orang suka dengan simplisitas, suka dengan gadget, dan tidak suka dengan interior yang terasa penuh, maka Tesla Model 3 bisa menjadi mobil favorit anda. Interior Tesla Model 3 benarn benar simple bahkan hampir tidak ada tombol apapun di dashboard. Dashboardnya juga datar dan hanya dihiasi aksen kayu. Saking simpelnya, untuk pengemudi dan penumpang hanya disediakan setir (dengan 2 tombol dan tuastransmisi, wiper serta lampu dibelakang setir), dan layar yang sangat besar berukuran 15 inci. Bener – bener serasa gadget berjalan dimobil ini.

20200311_135323

Layar besar yang menjadi pusat perhatian mata anda di dalam mobil ini, merupakan layar yang mengatur semua pengaturan yang ada di Tesla Model 3. Selain ukuran yang besar, layar ini mempunyai resolusi yang sangat bagus dan sangat responsif terhadap sentuhan. Dari layar ini, banyak hal yang bisa anda atur seperti mode berkendara (driving mode), kamera parkir, peta navigasi, pengatur audio, pengatur suhu AC, pengatur sunroof, konektivitas telepon, internet, auto pilot (mobil menyetir sendiri), membuka pintu serta bagasi bahkan sampai hal – hal kecil seperti membuka glovebox (kotak penyimpanan disisi penumpang). Uniknya lagi, dalam layar ini anda juga dapat bermain game yang telah disediakan oleh Tesla, sehingga jika anda bosan menunggu didalam mobil, anda dapat bermain game.

Layar ini memang luar biasa canggih dan keren, namun buat saya ini menimbulkan beberapa permasalahan. Hal – hal kecil yang lebih mudah jika dilakukan bila ada tombol fisik (seperti mengatur ac atau sekedar membuka kotak penyimpanan), membuat cukup sulit dilakukan karena anda harus melewati beberapa menu untuk mengaktifkan hal – hal kecil tersebut. Jadi, yahh saya rasa anda harus membiasakan diri dulu menggunakan layar ini, atau mengatur semua setingan sebelum anda berkendara sehingga tidak mengganggu anda mengemudi.

20200311_135329

Foto diatas merupakan tampilan ketika anda duduk di bangku penumpang depan. Benar – benar simpel bukan, seolah tidak banyak yang anda bisa lakukan sebagai pengemudi kecuali anda mengotak – atik segala pengaturan di layar tengah. Oh yahh, untuk bangku, buat saya yang tingginya 170cm ini ruangnya cukup lega dan enaknya semua pengaturan sudah menggunakan tombol elektrik termasuk pengaturan setir.

20200311_135326

Pada bagian tengah pengemudi dan penumpang, terdapat tempat untuk anda dan penumpang menaruh botol atau kaleng minuman. Sedikit keatas tempat menaruh minuman, terlihat seperti tidak ada apa-apa, namun jika anda menekan panel tersebut, maka akan ada tempat penyimpanan lagi untuk menaruh barang – barang anda. Oh yahh, kalo anda bertanya dimana posisi tuas untuk melajukan dan memundurkan mobil ini (D, N, P, dll), semuanya diatur oleh tuas yang ada dibelakang setir.

20200311_135252

 

Lanjut ke bagian bangku belakang, walau Tesla Model 3 ini terlihat tidak terlalu besar dan memiliki atap belakang yang landai, ternyata ruang dibangku belakang cukup lega sob. Untuk saya yang memiliki tinggi 170cm, posisi kaki cukup jauh (kira – kira hampir sejengkal) dari bangku depan. Ruang kepala juga cukup lega dengan jarak hampir sejengkal antara kepala dengan atap, sehingga saya yakin orang dewasa dapat duduk dengan nyaman dibelakang. Walau begitu, bangku ini saya rasa kurang nyaman kalau di duduki oleh tiga orang. Jika dipaksa pasti rada sempit. Sisanya, tidak banyak fitur dibangku belakang ini selain seatbelt tiga titik.

20200311_135558

Namanya mobil listrik, tentu perlu dichas saat energi listriknya mau habis. Untuk mengechas, cukup denga menekan panel kecil yang ada disebelah lampu rem kiri dan akan terlihat lubang pengisian chas listrik Tesla Model 3.

emblemchrome6

Lanjut bagian belakang sob, desain aerodinamis khas Tesla berlanjut dibelakang. Lampu rem, sein dan mundur semua sudah LED.

20200311_135457

Selain bagasi depan, Tesla Model 3 juga mempunyai bagasi belakang seperti mobil pada umumnya. Pintu bagasi sendiri dapat dibuka melalui tombol didalam mobil, tombol di bagasi dan melalui aplikasi Tesla di hp (hp bisa jadi kunci mobil lhoo). Bagasinya sendiri cukup luas berukuran 425 liter, namun ini bukan ukuran bagasi terluas dikelasnya. Kalo sobat lihat difoto bisa dilihat kan tuh ada cover velg yang dapat ditaruh dibagasi.

Okee sob, sekiranya itu dulu yang bisa saya sharing mengenai interior dan ekterior. Dapat saya simpulkan bahwa eksterior dan interior Tesla Model 3 lebih mengutamakan efisien dan simplisitas. Eksterior dibuat sedimikian aerodinamis agar mobil dapat melaju secara efisien dalam menghemat pemakaian listrik. Sedangkan interior dibuat simple agar terlihat rapi dan terasa seperti dimasa depan. Saya mohon maaf yah kalo tidak bisa mendetail, karena waktu ambil fotonya agak buru-buru, jadi hanya mengeksplor Tesla Model 3 seadanya bro and sis. Sekian dulu info dari saya, jika anda tertarik melihat langsung mobil Tesla, anda bisa mencari informasi lokasi dealernya di website dan instagram milik Prestige Image Motorcars, dan disana bisa test drive juga lhoo. Terima kasih telah membaca sob.

Sumber Gambar = Foto pribadi dan google.com

By= Axel Mahal for giginetral.com

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *