Honda CT125 Hunter Cub: Super Cub “Scrambler” Terlahir Kembali

Bro and sis, beberapa bulan lalu, Honda meluncurkan motor yang harus saya ungkit di blog ini. Kenapa unik..?? Karena motor ini unik dan cukup legendaris terutama di Jepang sana. Motor tersebut adalah Honda CT125 Hunter Cub. Hunter Cub..?? yapp, karena memang pada generasi awalnya, motor ini digunakan untuk berburu sob di Jepang sana.

1969_honda_ct90_k0_1

Balik ke masa lalu, generasi pertama motor ini adalah CT100T Hunter Cub yang diproduksi pada tahun 1961. Motor ini diciptakan berbasis pada Super Cub yang mengalami ubahan disana – sini sehingga motor ini proper buat berburu dan menembus hutan atau jalan rusak. Peruntukkannya untuk berburu ini yang membuat motor ini harus sesimple mungkin. Body motor sangat minim sehingga hampir tinggal rangka, setang posisinya agak tinggi, posisi knalpot juga tinggi, jok single seat, dibelakang jok tersedia rak untuk menaruh barang yang diperlukan atau hasil buruan. Ibaratnya ini kaya mengubah Super Cub menjadi motor bergaya dan berfungsi layaknya scrambler.

Honda-ct125-2020-huntercub-1-merah-1

 

Kembali ke tahun 2020, Honda CT100T Hunter Cub dilahirkan kembali oleh Honda dengan wujud Honda CT125 Hunter Cub yang mempunyai basis desain yang mirip dengan pendahulu. Ciri – ciri Hunter Cub terdahulu tetap dipertahankan oleh CT125 sehingga fungsi sebagai motor offroad tidak hilang. CT125 pun juga mengambil basis dari Super Cub 125 modern (yang saat ini dijual di Indonesia), sehingga CT125 menggunakan sasis yang sama dengan Super Cub 125

Honda-CT125-Hunter-cub-3

Sobat bisa lihat pada gambar diatas, sasis sama dengan yang digunakan Super Cub. Yang menjadi perbedaan hanyalah adanya beberapa penguatan di beberapa titik sasis, sehingga CT125 memiliki sasis yang lebih kuat dan lebih sanggup menerima siksaan jalur offroad ataupun membawa barang lebih banyak. Penguatan sasis ini bisa sobat lihat pada bagian yang warna merah yah sob. Kalo sobat perhatikan juga, pada bagian ekor, ada sasis tambahan yang membuat CT125 lebih panjang sedikit, ini bertujuan untuk memperkuat tumpuan rak dibelakang karena rak ini akan digunakan untuk membawa barang.

Honda-CT125-Hunter-cub-17

Selain sasis baru, tentu yang berubah dari CT125 terbaru adalah mesinnya sob. CT125 menggunakan mesin satu silinder air cooled 4 tak SOHC dengan ukuran 124cc yang memiliki posisi tidur. Lagi – lagi, ini merupakan mesin yang sama dengan Super Cub di Indonesia. Hal yang berubah dari mesin ini justru di tenaga yang dikeluarkan. Dimana tenaga yang dihasilkan CT125 hanya 8,8 hp dan ini lebih kecil dari Super Cub dengan mesin yang sama dengan tenaga 9 hp. Namun begitu, torsi yang dihasilkan CT125 lebih besar yaitu 11 Nm pada 4500 rpm, dibandingkan dengan Super Cub yang hanya 9,7 Nm pada 5000 rpm. Memang sih tenaga keduanya tidak terpaut terlalu besar, tapi sobat bisa lihat torsi CT125 hadir pada putaran mesin yang lebih rendah. Karakter torsi yang kuat ini memang cocok untuk karakter CT125 sebagai kendaraan semi offroad apalagi jika dipakai untuk menembus hutan atau perkebunan sambil membawa peralatan berburu atau camping misalnya. Mesin 124cc ini tentunya dikawinkan dengan transmisi semi manual (ganti gigi tanpa kopling) yang biasa sobat sekalian temui di motor bebek.

Honda-CT125-Hunter-cub-7

Soal fitur, tentunya sebagai motor yang lahir pada tahun 2020, motor ini memiliki fitur kekinian. Seperti lampu yang sudah LED, dimana lampu ini merupakan lampu yang sama digunakan oleh Honda Monkey terbaru. Mesinnya pun juga sudah injeksi.

Honda-CT125-Hunter-cub-11

Dashboard pun juga sudah digital, sama seperti yang digunakan di Honda Monkey. Bentuknya bulat dengan background layar warna biru dan tulisan warna putih. Indikator yang disediakan layar cukup sederhana seperti speedometer, odometer, trip A, trip B, lampu netral, lampu abs, lampu sein, dan lampu engine check.

Honda-CT125-Hunter-cub-12

Overall, menurut saya pribadi, Honda sekali lagi berhasil melahirkan produk lawasnya ke dalam wujud modern dengan teknologi terkini. Sobat bisa lihat saja track record Honda yang 2-3 tahun belakangan berhasil menghadirkan Super Cub C125 terbaru dan Monkey 125 terbaru, yang sekarang diikuti dengan rebornya CT125 Hunter Cub terbaru ini. Motor – motor yang dilahirkan kembali pun juga tetap memegang basis desain dan tujuan yang sama dari generasi awal motor – motor tersebut pertama diciptakan.

CT Jika pada Super Cub C125 merupakan motor bebek fungsional, Monkey 125 merupakan motor hobby, maka CT125 Hunter Cub ini merupakan motor yang cocok anda ajak untuk berpetualang baik itu camping atau menembuh hutan untuk berburu. Cocok banget motor ini untuk kegiatan outdoor karena fungsionalitas yang cukup tinggi dibantu kemampuan offroad yang cukup mumpuni. Apalagi CT125 ini dibekali tangki yang cukup besar dikelasnya yaitu sebesar 5,3 liter. Bandingkan dengan Super Cub yang hanya 3,7 liter.

Honda_CT125_Hunter_Cub-4

Soal harga, di Jepang sendiri motor ini dilepas dengan harga 440 ribu yen (atau sekitar 65 juta rupiah). Nah, apakah akan masuk Indonesia..?? well, untuk sementara sih belum ada rencana AHM menghadirkan Honda CT125 di Indonesia. Jikalau masuk Indonesia mungkin harganya bisa lebih mahal lagi jikalau diekspor langsung utuh dari Jepang seperti dua saudaranya yang telah lebih dulu dijual di Indonesia. Saya pun juga memprediksi, jika motor ini masuk ke Indonesia, walau harganya mahal, pasti laku apalagi di kalangan penghobby dan kolektor. Saya juga pasti beli, kalau ada duitnya…hahaha… Oke sob, sekian info dari saya soal CT125, jika anda tertarik, berharap aja AHM sudi membawanya ke Indonesia. Terima kasih telah membaca.

Honda-CT125-Hunter-Cub

Harga-Honda-CT125-Hunter-Cub--Motor-Bebek-Off-Road-Terbaru-yang-Resmi-Meluncur---Naik-Motor-1230940236

Sumber gambar: tmcblog.com dan google.com

By : Axel Mahal for giginetral.com

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *