The All New BMW R18: Motor Cruiser Terbaru Dari Jerman

Bro and sis sekalian pada tanggal 4 April lalu, secara online, akhirnya BMW Motorrad yang merupakan divisi motor dari pabrikan BMW, secara resmi merilis motor cruiser terbaru mereka yaitu The All New BMW R18. BMW R18 sendiri konsepnya telah ada sejak dari tahun lalu, dan waktu itu masih sebatas konsep dan beberapa teaser dari bentuk nyata dari konsep tersebut. Hingga akhirnya pada 4 April 2020 lalu, wujud produksi dari BMW R18 telah lahir dan ini merupakan motor BMW dengan ukuran mesin boxer paling besar sob.

The-BMW-R18-2020-is-the-kind-of-Cool-Throwback

Sedikit balik ke masa lalu sob, ngomongin soal motor bergenre cruiser, BMW sempat memiliki line up motor cruiser di masa lalu yaitu R5 tahun 1936. Motor R5 ini klasik banget modelnya dengan ciri khas cruiser yang menggunakan mesin boxer khas BMW. R5 ini sendiri hanya dijual selama 2 tahun saja. Setelah itu, bertahun – tahun lamanya BMW tidak memiliki motor bergenre cruiser hingga akhirnya pada tahun 2019 – 2020, akhirnya BMW kembali terjun kedalam genre motor cruiser dengan BMW R18 dengan pendekatan yang agak sedikit berbeda dari cruiser pada umumnya.

2021-BMW-R18-6

Bicara desain sob, asli ini motor ganteng banget. BMW R18 tetap mempertahankan bahasa desain yang sama dengan R5 yaitu sebagai cruiser yang lebih bergaya bobber. Lampu bulat, setang lebar yang setinggi perut, posisi duduk yang rendah, tangki bensin teardrop shape, fender belakang yang besar, velg jari – jari, ban tebal, dan knalpot yang panjang dan besar sampai ke belakang menunjukkan bahwa R18 mempunyai desain campuran antara klasik dengan sentuhan fitur – fitur modern. Desainnya saya rasa masuk banget nih buat penggemar motor cruiser klasik dan mungkin bisa membuat penggemar motor cruiser Amerika berpaling (HD dan Indian).

2021-BMW-R18-8

Satu hal yang menjadi bintang utama dari motor ini adalah mesinnya yang besar sob. Nama R18 ternyata bukan nama tanpa arti, tapi merujuk pada mesin motor ini yang berukuran 1800cc sob. Lebih tepatnya 1802 cc 2 silinder boxer dengan pendingin udara. Ukuran besar ini menjadikan R18 sebagai motor bermesin Boxer terbesar yang dibuat BMW bahkan lebih besar dari mesin boxer GS1250. Asli mesin ini lebih gede ukurannya dari mesin Avanza hehe… Dan karena ini boxer, tentu posisi pistonnya menonjok keluar.

2021-BMW-R18-6d

Walau mesinnya berukuran besar, ternyata tidak menggambarkan besarnya tenaga yang dihasilkan sob. Mesin boxer 1802 cc hanya menghasilkan tenaga 90bhp pada 4,750rpm. Tenaga memang kecil, tapi torsinya yang dihasilkan besar, yaitu 150 Nm yang didapat pada rpm putaran mesin yang rendah hanya 2000 – 4000 rpm saja !! Kelihatan kan dari tenaga dan torsinya, mesin ini memiliki karakter yang kuat dalam akselerasi putaran bawah dan keatas. Karakter ini cocok banget untuk motor cruiser, karena pada umumnya motor cruiser tidak digunakan untuk kebut – kebutan, tapi untuk jalan jarak jauh dengan santai dan tanpa beban (effortless). Apalagi torsi ini dibutuhkan untuk menggendong bobot motor yang sampai 345 kilogram. Hasil dari tenaga dan torsi ini membuat R18 dapat melaku dari 0 sampai 100 km/jam dalam 5 detik dengan top speed 180 km/jam yang dibatasi secara elektronik. Cukup kencang sebagai motor cruiser walau sebenarnya ini jatuhnya sebagai motor santai sambil menjelajah jarak jauh.
2021-BMW-R18-5
Mesin BMW R18 dikawinkan dengan transmisi kopling 6 speed (ditambah gigi mundur untuk membantu memundurkan motor) dan seperti big bike BMW pada umumnya menggunakan gardan sebagai penggerak roda belakangnya. Kerennya di motor ini, batang gardannya dilapis krom dan terekspos, sehingga kesan klasiknya semakin kuat.

2021-BMW-R18-6a

Bicara kaki – kaki, suspensi yang dibawa R18 cukup spesial terutama dimensi suspensi depan sob. Suspensi depan telekopik yang berukuran besar banget yaitu 49 mm, sedangkan suspensi belakang modelnya hard trail. Semua suspensi ini masih suspensi biasa tanpa elektronik sob. Suspensi besar begini pasti nyaman banget lewatin lubang.

Untuk pengereman semua sudah cakram dan semua sudah ABS, dimana rem depan dual disk berukuran 300 mm dan belakang single disk 300 mm yang dipasangkan dengan velg depan berdiameter 19 inci dan velg belakang 16 inci. Tentu agar tampilan klasik terjaga, velg yang digunakan adalah velg jari – jari yang kayanya (saya belum tahu pasti), sepertinya menggunakan ban dalam.

2021-BMW-R18-3

Sebagai motor modern klasik, tentu BMW R18 dibekali dengan fitur – fitur terkini. Lampu depan bentuknya bulat dengan list chrome klasik, tapi lampunya sudah LED dengan Daytime Running Light di tengah lampu.

2021-BMW-R18-1

Dashboardnya lagi – lagi campuran klasik dan modern. Bentuk dashboardnya simpel banget hanya satu lingkaran dengan list krom, dimana speedometer analog yang mendominasi tampilan. Untuk informasi lainnya seperti jarak tempuh, posisi gigi dan riding mode, semua ditampilkan dalam layar yang kecil berwarna biru. Soal riding mode, riding mode ini penamaannya unik sob. Untuk mode yang paling pelan terutama saat jalan basah menggunakan mode Rain, mode netral ada di mode Rock, dan yang paling kencang adalan mode Roll. Jadi kalo naik motor ini serasa Rock n’Roll sob hahaha…

Fitur lainnya yang ada pada R18 adalah Automatic Stability Control (ASC) untuk menjaga kestabilan motor ketika berkendara, MSR (Motor Slip Regulation) untuk mencegah motor tidak slip saat diatas jalanan licin, heated grips untuk menghangatkan setang, dan Hill Start Assist (HSA) untuk mencegah motor mundur saat berhenti di tanjakan.

2021-BMW-R18-11

2021-BMW-R18-10

Selain fitur, detail motor ini juga luar biasa mantapnya. Misal seperti foto diatas, setang dilabur warna krom dengan beberapa detail tulisan Berlin Built. Ini menunjukkan bahwa motor ini dengan bangga dibuat di Jerman. Cakep banget dahh…

bmw-r18-005-scaled

Satu hal yang menjadi perbincangan hangat ketika R18 ini masih berupa konsep adalah soal posisi duduk terutama posisi kaki dari motor ini. Seperti sobat tahu, motor – motor cruiser yang sebelumnya telah beredar, terutama big cruiser dari Amerika seperti Harley Davidson dan Indian, semua menawarkan dua posisi kaki. Satu posisi kaki netral (menekuk hampir 90 derajat) dan posisi kaki selonjoran kedepan. Posisi kaki netral biasanya digunakan saat bermanuver, sedangkan posisi selonjoran digunakan saat ketemu jalan kosong ketika kaki lelah sehingga butuh stretching agar kaki lebih santai layaknya duduk di sofa.

BMW-R18-10

Nah, posisi kaki yang selonjoran ini tidak ditawarkan dalam BMW R18. BMW R18 hanya menawarkan satu posisi kaki saja yaitu posisi kaki netral. Hal ini terjadi karena kepala silinder mesin boxer yang menonjok keluar menjadikan tidak mungkinnya dipasang pijakan kaki yang maju kedepan. Ini menjadi kekhawatiran beberapa die hard motor cruiser yang khawatir BMW R18 ini akan melelahkan jika lama – lama digunakan dalam jarak jauh. Walau begitu, BMW meyakinkan bahwa posisi kaki netral yang mereka tawarkan adalah posisi kaki yang tetap relax dan santai, sehingga rider tidak akan lelah.

BMW-R18-11

Hal lainnya tentang BMW R18 ini adalah kustomisasi yang sangat bervariasi. Layaknya motor klasik modern seperti BMW RnineT misalnya, R18 juga merupakan kanvas yang gampang sekali di custom sesuai keinginan pemiliknya. Sobat bisa melihat pada foto diatas yang dirilis oleh BMW, R18 di foto tersebut sudah ada yang dicustom. Ada yang menggunakan setang tinggi ala ape hanger, bangku jok seperti sporster, knalpot dan velg diganti, buntut belakang yang dicopot, you name it !! semua jenis custom saya rasa bisa sobat sekalian terapkan dalam motor ini.

2020-bmw-r18-cruiser-debuts

Dengan segala kelebihan dan keindahan yang ditawarkan oleh R18 ini, tentu ada harga yang harus ditebus jika sobat sekalian tertarik memborong motor ini kerumah. BMW melepas R18 dengan harga US $17,485,- untuk versi standar dan US $19,870,- untuk versi First Edition. Kalau dirupiahkan sih sekitar 300 – 400 jutaan rupiah sob, dengan catatan itu harga di Eropa sana yah, mungkin kalau masuk sini bisa dikisaran 800 jutaan dengan segala pajaknya. Nantinya BMW R18 ini akan masuk dalam pasar motor cruiser dan berhadapan langsung dengan merek – merek besar terutama merek yang berasal dari Amerika seperti Harley Davidson dan Indian Motorcycle. Overall ini motor ganteng, cocok buat mereka yang suka motor cruiser dengan gaya klasik, dan buat mereka atau anda yang ingin tampil beda dari motor – motor cruiser Amerika atau Jepang yang telah ada di pasaran. Terima kasih bro and sis telah membaca, semoga berguna, dan semoga yang pingin motor ini saya doakan bisa memiliki suatu saat nanti, amin.

By : Axel Mahal for giginetral.com

Sumber gambar dan data: tmcblog.com, monkeymotoblog.com, dan rushlane.com

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *