The All New BMW S1000XR 2020 Resmi Dilaunching di Indonesia

Sobat roda dua sekalian, terutama yang penggemar motor BMW, pasti cukup kenal dengan motor sport touring andalan BMW yaitu S1000XR. Motor yang pernah muncul di film Resident Evil ini telah lama mengaspal sejak 2015 dan sudah cukup berumur yang untuk sebuah model motor. Maka pada 2019 lalu, BMW Motorrad akhirnya meluncurkan versi terbaru dari motor ini di luar negeri. Pada akhirnya pula, terhitung tanggal 27 April 2020 kemarin, The All New BMW S1000XR 2020 secara resmi akhirnya masuk ke Indonesia melalui peluncuran yang dilakukan oleh BMW Motorrad Indonesia. Diluncurkan secara sederhana namun tetap have fun walaupun sedang masa isolasi, New S1000XR diperkenalkan langsung oleh bos BMW Motorrad Indonesia yaitu Om Joe Frans dan dihadiri oleh beberapa artis serta youtuber secara video online. Nah, di artikel ini, mari kita berkenalan lebih jauh dengan motor sport touring asal Jerman ini…

Screenshot_20200427-184100_YouTube

Kita pakai nama New S1000XR yah sob untuk membedakannya dengan S1000XR lama. Sebagai motor sport touring, New S1000XR tetap mempertahankan ciri khas perpanduan motor sport dengan motor touring yang telah dianut varian S1000XR sejak lama. Desain body yang tajam, posisi duduk yang tinggi, setang yang posisinya netral, yang dipadukan oleh mesin yang berasal dari motor sport telah menjadikan S1000XR salah satu motor sport touring tercepat di jalan raya. Ohh yahh sob, namanya juga motor sport touring, walau motor ini bentuknya touring banget, tapi motor ini dipake untuk melahap jalan aspal yahh sob… Okehh mari kita cek apa saja yang berubah dan terbaru dari New S1000XR.

2020 new BMW S1000 XR spec_07

Desain

Kita mulai dari desain dan bentuk dulu sob. Kalau melihat secara keseluruhan, desain New S1000XR tetap mempertahankan bentuk desain yang serupa dengan generasi sebelumnya, jadi tidak ada perubahan yang terlalu radikal. Walau begitu, tetap ada perubahan desain yang cukup kentara. Dari depan, New S1000XR memiliki wajah yang baru. Wajah barunya terlihat lebih tajam bentuknya dibanding generasi sebelumnya. Saking tajamnya, ini New S1000XR kaya terlihat memiliki moncong tajam didepan. Lampu juga berubah sob, jika yang lama menggunakan lampu yang mirip dengan saudara sportnya, pada New S1000XR memiliki lampu dengan model tersendiri dan bentuknya lebih tajam dan pipih di banding sebelumnya. Diantara dua lampu utama, terdapat lubang angin, yang mengarahkan udara ke mesin.

Bentuk tangki dan body juga mengalami revisi, dimana bentuknya sekarang terlihat lebih berotot dan lebih banyak lekukannya. Kaca depan juga terlihat berubah, bentuknya lebih lebar dari sebelumnya dan sepertinya cukup baik untuk menghalau badan dari terpaan angin. Pada bagian belakang, desain knalpot juga direvisi, dimana pada New S1000XR, knalpotnya berbentuk sedikit lebih kecil dan agak pendek. Namun posisi knalpot kurang lebih sama seperti motor sport touring pada umumnya, dimana posisi knalpot agak dibawah.

Soal pewarnaan juga berubah. Sobat bisa lihat pada foto perbandingan diatas, jika pada S1000XR yang lama hampir satu body dibalur dengan warna yang sama, maka pada New S1000XR, motor dibalur dengan kombinasi dua warna, dimana pada bagian tengah side body, diberikan warna silver dengan tulisan XR untuk menegaskan identitas dari motor ini.

Overall menurut saya pribadi, desain baru New S1000XR tetap ganteng dan lebih garang dari sebelumnya dan jika anda pernah melihat langsung S1000XR yang lama, maka melihat dari kejauhan New S1000XR ini, anda akan langsung dapat mengenalinya dari jauh. Menurut saya pula, New S1000XR tetap dapat mempertahankan ciri khasnya sebagai sport touring dengan DNA motor sport. Ini sudah merupakan jaminan bahwa motor ini nyaman dan kencang.

2020 new BMW S1000 XR spec_02

Dimensi

Kalau dilihat secara kasat mata, kayanya tidak terlihat adanya perubahan signifikan dari New S1000XR dibandingkan dengan pendahulunya. Panjang dan lebarnya terlihat serupa. Namun, jika melihat data diatas kertas, tentu ada perubahan – perubahan terhadap dimensinya. Secara berat, New S1000XR memiliki berat 10 kilogram lebih ringan dari generasi sebelumnya. Total beratnya sendiri memiliki berat 226 kg dengan segala cairan yang digendong motor ini. Pemangkasan 10 kg sendiri disumbang oleh frame yang 2% lebih ringan, subframe yang 9% lebih ringan, dan swingarm yang 20% lebih ringan dari sebelumnya. Pemangkasan bobot juga terjadi pada roda, dimana velg terbaru juga lebih ringan dari model yang lama. Perubahan bobotnya memang sih tidak signifikan banget dan 226 kg sendiri bukan merupakan bobot yang ringan, tetapi tentu ini akan membuat New S1000XR terasa lebih lincah dan semakin baik handlingnya.

Perubahan dimensi lainnya terdapat pada jarak antar roda atau wheelbase, yang sebelumnya berjarak 1.548 mm sekarang berjarak 1.552 mm. Memang ada penambahan jarak antar sumbu roda, namun BMW mengklaim bahwa hal ini akan menambah respon feedback pada roda depan dan menambah kontrol yang lebih baik pada roda belakang, dan lebih akurat saat bermanuver.

2020 new BMW S1000 XR spec_04

Posisi Duduk

Sobat sekalian ada yang pernah naik motor bergenre touring..?? Pasti diantara sobat sekalian ada yang duduk dan kakinya jinjit kan..?? Kalau anda jinjit, maka saya juga ketika naik beberapa motor bertipe touring. Motor touring rata” memiliki tinggi bangku yang cukup tinggi karena memang peruntukkannya melibas jalan – jalan rusak dan melibatkan posisi duduk yang sangat rileks untuk perjalanan jarak jauh. So, si New S1000XR tentu bukanlah pengecualian.

Seperti motor touring pada umumnya, New S1000XR memiliki bangku yang tinggi untuk rata” tinggi badan orang Asia. Tinggi bangku motor ini berada di 840 mm, yang artinya untuk tinggi badan orang Asia yang sekitar 170 cm, ini akan membuat ridernya cukup jinjit balet untuk menapakkan kaki ke tanah. Namun, tidak perlu khawatir sob, setahu saya, New S1000XR ini juga bisa disetting ketinggian joknya, sehingga bisa sedikit direndahkan bangkunya. Mungkin masih sedikit jinjit, tapi cukup membantu untuk menaiki motor ini.

Soal posisi duduk, seperti ciri khas motor touring umumnya, posisi duduk diatas motor ini termasuk netral dan memang pas untuk perjalanan jarak jauh. Tinggi setang pas didepan dada, jaraknya juga pas dalam jangkuan tangan (ngak terlalu deket dan ngak terlalu jauh), lebarnya setang juga pas tidak kelebaran, lalu posisi footstep kaki juga pas berada di tengah (ngak terlalu jauh dan ngak terlalu deket). Semua kombinasi posisi setang, tempat duduk, dan pijakan kaki ini menghasilkan posisi duduk yang tegap, rileks, tidak lelah, siap untuk perjalanan jarak jauh, dan sigap untuk menghadapi situasi di jalan. Pada intinya, posisi duduknya bikin betah riding berjam – jam.

2020 new BMW S1000 XR spec_05

Kaki – Kaki dan Pengereman

Pengereman dan kaki – kaki sangat penting dalam menunjang kenyamanan dan keselamatan dalam berkendara. Tentunya karena ini motor BMW, maka New S1000XR sudah dilengkapi dengan suspensi dan pengereman yang sangat mumpuni untuk menghentikan dan mengendalikan motor ini. Mulai dari suspensi, suspensi depan berdiameter 45 mm dan sudah upsidedown untuk handling yang lebih baik. Sedangkan belakang menggunakan single shock. Kedua suspensi sudah dapat diatur secara elektronik untuk damping dan preloadnya, tergantung dari riding mode yang dipilih dan beban yang ditanggung oleh motor ini.

Pengereman standar New S1000XR juga sudah cakep banget. Untuk rem depan sudah menggunakan double disc berukuran 320 mm yang dijepit dengan empat piston kaliper. Sementara untuk rem belakang menggunakan single disc berukuran 220 mm yang dijepit satu piston kaliper saja. Pengereman ini dikawinkan dengan teknologi ABS (Anti lock Brake System) terbaru dari BMW yaitu ABS Pro. ABS Pro ini sudah dilengkapi dengan cornering ABS, sehingga ketika mengerem keras atau mendadak, rem tidak akan mengunci saat di jalan lurus saja, namun rem juga tidak akan mengunci saat mengerem keras ketika menikung. Namun, bisa anda adalah seorang rider expert, tentu ada bisa mematikan ABS jika anda ingin bersenang – senang dengan mengunci rem belakang dan depan untuk sedikit aksi nge – slide.

2020 new BMW S1000 XR spec_03

Mesin

Sobat sekalian yang mengetahui tentang S1000XR, pasti tahu betul bahwa S1000XR menggunakan mesin yang sama dengan saudara superbikenya yaitu S1000RR. Nah, pada New S1000XR ini juga, motor ini menggunakan mesin yang sama dengan S1000RR generasi terbaru. Tentunya, mesin yang asli-nya berkubikasi 999cc ini mengalami beberapa revisi sehingga mesinnya cocok untuk gaya berkendara ala motor touring yang mementingkan tenaga putaran bawah.

Mesin ini memiliki konfigurasi 4 silinder inline berkubikasi 999cc yang menghasilkan tenaga 165 hp pada pada 11.000 rpm dan torsi 114 Nm pada 9250 rpm. Mesin ini dikawinkan dengan transmisi 6 percepatan. Mesin yang memang diturunkan langsung dari New S1000RR ini, memiliki beberapa setingan yang lebih mengutamakan torsi bawah ketimbang top speed. Mesin New S1000XR memiliki torsi yang lebih besar namun dengan tenaga puncak yang lebih kecil dari New S1000RR. Setingan transmisi pada New S1000XR juga diatur khususnya pada gigi 4, 5, dan 6 untuk memiliki nafas sedikit lebih panjang, sehingga lebih enak untuk jalan dengan kecepatan menjelajah yang stabil dan santai (cruising speed), yang berakibat top speed motor ini “hanya” 200 km/jam lebih sedikit.

2020 new BMW S1000 XR spec_02

Fitur

Soal fitur, New S1000XR ini memiliki fitur yang banyak banget. Saking banyaknya saya sendiri bingung untuk memulai dari mana. Oleh karena itu, untuk fitur ini saya bagi dua pembahasan, yaitu fitur yang membantu untuk berkendara dan fitur informasi yang ada dalam layar dashboard S1000XR ini.

Fitur Berkendara dan Keselamatan

Sebagai motor modern dan canggih, S1000XR dibenamkan teknologi yang membantu rider untuk mengendalikan motor dan membantu pengereman untuk keselamatan. Fitur – fitur tersebut diantaranya:

  • Dynamic ESA (Electronis Suspension Adjustment) : Sistem yang mengatur settingan suspensi tergantung pada beban yang dibawa dan kebutuhan pengendara.
  • Riding Modes Pro (Rain, Road, Dynamic, Dynamic Pro : Sistem yang membuat pengendara dapat memilih mode berkendara sesuai dengan keadaan yang dibutuhkan, baik untuk full power buat gaspoll atau low power saat hujan atau jalanan licin
  • ABS Pro dan DTC (Dynamic Traction Control) : Sistem yang mencegah ban untuk mengunci saat rem mendadak atau keras bahkan saat sedang melahap tikungan yang dibantu dengan sistem pengendalian traksi dimana komputer akan mengatur traksi yang dibutuhkan ban belakang sesuai dengan keadaan yang dialami motor.
  • Hill Start Control Pro : Sistem yang membantu rider untuk menanjak. Sistem ini akan membantu menahan motor tanpa pengendara harus melakukan pengereman saat berhenti di tengah tanjakan, sehingga pengendara bisa fokus untuk mengendalikan putaran gas untuk menanjak.
  • Quick Shifter dan Anti – Hopping Clutch : Karena ber – DNA motor sport, agar penggantian gigi semakin cepat, maka pengendara dapat mengganti gigi tanpa perlu menekan kopling. Serta untuk mencegah motor “lompat” karena salah memainkan kopling, maka terdapat sistem Anti – Hopping yang mencegah “lompat” tersebut.
  • Wheelie Control : Sistem yang mencegah motor untuk mengangkat ban depan pada saat yang tidak diinginkan.
  • Cornering Light : Bisa dibilang lampu khusus untuk berbelok. Jadi, lampu depan New S1000XR dapat menerangi bagian kiri dan kanan jalan tergantung pada motor diarahkan kemana oleh pengendara. Oh yah, semua lampu pada New S1000XR sudah LED yah.
  • MSR (Engine Drag Torque Control) : Sistem yang mencegah roda belakang selip dikarenakan akselerasi dan pergantian gigi yang agresif dan kasar.
  • IMU Six Axis Sensor : Sistem yang dilengkapi sensor yang mengukur segala parameter yang berkaitan dengan gerakan dari motor.

Fitur Informasi

Untuk dashboard, semua informasi mengenai parameter New S1000XR tersedia dalam layar full colour TFT Screen yang berukuran 6,5″. Layar ini memiliki definition yang tinggi dan grafis-nya sangat bagus. Segala informasi yang terdapat dalam layar ini diantaranya adalah:

  • Speedometer
  • Odometer
  • Setingan Riding modes (gaya berkendara)
  • Pengukuran sudut kemiringan (lean angle)
  • Kecepatan deselerasi
  • Kecepatan yang dikurangi oleh sistem DTC
  • Peringatan kecepatan, jika kecepatan melebihi dari yang ditentukan oleh pengendara
  • Kecepatan rata – rata
  • Trip 1 dan 2
  • Jarak total
  • Indikator bensin
  • Konsumsi bensin rata – rata
  • Jarak yang tersisa

nsc-S1000XR-2560x1440.jpg.asset.1571674846832

Okehh sob, sekiranya itu dulu informasi yang bisa saya sampaikan mengenai New S1000XR. Bagi saya yang pernah menyicipi sedikit S1000XR yang lama, melihat dan membaca segala informasi mengenai generasi terbaru ini, jelas BMW Motorrad telah mengupdate motor ini dengan sangat signifikan dan seabrek teknologi untuk meningkatkan kenyaman pengendara serta penumpang. Dan karena motor ini memiliki mesin yang sama dengan saudara superbikenya, maka buat anda yang sangat suka speed touring / touring sambil ngebut, maka ini motor yang cocok buat anda. Tentunya, ada harga yang harus ditebus untuk membawa motor ini ke garasi anda dan harga tersebut berada di ranah kantong para “biker sultan”. Cukup sediakan dana sekitar 700 – an juta rupiah (asumsi harga on the road, maka siapkan dana 800 juta-an) maka motor ini bisa anda bawa pulang. Tentunya jika anda menambah aksesoris seperti side box kanan – kiri misalnya, maka biayanya bisa bertambah lagi. Sekian dulu sob dan terima kasih telah membaca, untuk informasi lebih lanjut silahkan hubungi BMW Motorrad Indonesia yah.

Spesifikasi BMW New S1000XR

Capacity999cc
Bore x Stroke80×49.7mm
Engine layoutIn-line four cylinder
Engine detailsWater-cooled four-stroke
Power162bhp (121kW) @ 11,000rpm
Torque84 lb-ft (114Nm) @ 9,250rpm
Top speedClaimed 124.3mph (200km/h) (We expect this should say >200km/h, like last year’s)
Transmission6 speed, chain final drive type
Average fuel consumption45.6mpg claimed
Tank size20 litres
Max range to empty (theoretical)200miles
Reserve capacityn/a
Rider aidsCornering ABS and traction control, hill hold control, engine torque control, riding modes
FrameAluminium composite bridge
Front suspension45mm upside-down fork
Front suspension adjustmentElectronic damping and preload
Rear suspensionSingle shock
Rear suspension adjustmentElectronic damping and preload
Front brake320mm disc, four piston calipers
Rear brake220mm disc, single-piston caliper
Front tyre120/70 ZR17
Rear tyre190/55 ZR17
Rake/Trail65.1°/116mm
Dimensions2,333mm x 850mm (LxW)
Wheelbase1,552mm
Ground clearancen/a
Seat height840mm
Kerb weight226kg
Warrantyn/a

2020 new BMW S1000 XR spec_06

By : Axel Mahal for giginetral.com

Sumber foto dan informasi: google.com, BMW Motorrad, dan bennets.co.uk

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *