Honda CB350 H’ness, Motor Retro Modern Ganteng Dari India

Honda India, beberapa waktu lalu, akhirnya ikut meramaikan pasar motor klasik modern yang saat ini sedang naik daun. Honda India merilis Honda CB350 H’ness yang diluncurkan di India beberapa waktu lalu.

Sesuai tema yang dibawa oleh motor ini, H’Ness CB350 memiliki model desain yang klasik namun disuguhi beberapa fitur modern untuk mengikuti tuntutan fitur, safety dan regulasi. Tampilan retro gantengnya ini dapat dilihat dari bentuk lampu yang bulat, layar dashboard bulat, aksen warna krom dimana (spakbor, knalpot, suspensi belakang, list – list dan lain – lain), tangki model klasik, bangku tandem, suspensi double di belakang, dan mesin 1 silinder dengan kisi – kisi untuk mengalirkan udara yang terlihat padat.

Walau terlihat retro, namun motor ini dibekali fitur – fitur terkini juga. Fitur tersebut diantaranya adalah lampu depan dan belakang yang sudah LED, dashboard yang memiliki layar digital, dan yang kerennya lagi, motor ini sudah memiliki konektivitas bluetooth yang menghubungkan HP dengan motor yang memiliki fitur seperti musik, pesan, panggilan masuk dan keluar, serta informasi cuaca. Jadi cukup lengkap sekali informasi yang disajikan oleh motor ini.

Bicara soal dashboard, layar dashboardnya merupakan kombinasi dari speedometer analog menggunakan jarum, dengan layar informasi digital yang ukurannya agak kecil, namun informasi yang tersaji cukup lengkap. Informasi yang tersedia di layar ini diantaranta adalah informasi bahan bakar, posisi gigi, informasi waktu, telepon masuk, trip A dan trip B, serta konektivitas bluetooth.

Dari segi mesin, CB350 H’Ness menggunakan mesin 1 silinder berukuran 348.36 cc, berpendingin udara. Mesin simple ini dihubungkan dengan transmisi 5 percepatan yang kerennya sudah menggunakan assist dan slipper clutch untuk memudahkan pergantian gigi. Mesin ini sendiri menghasilkan tenaga 20,8 HP pada 5.500 RPM dan torsi maksimum 30 Nm pada 3.000 RPM. Kalo lihat tenaganya, ini memang motor buat jalan cruising santai sob.

Soal safety fitur, motor ini termasuk cukup lengkap dalam urusan safety. Motor ini sudah dibekali dengan fitur ABS Dual Channel, sehingga rem depan dan belakang tidak akan menggunci saat hard breaking. Lalu ada traction control, untuk mencegah ban kehilangan traksi di permukaan licin, side stand switch untuk mematikan mesin saat standar samping digunakan, dan saklar lampu hazard. Untuk motor yang klasik modern begini, fitur keselamatan termasuk lengkap sob.

Honda CB350 H’Ness sendiri di India, ditawarkan dalam varian DLX (warna merah, hitam, dan hijau) dan DLX Pro (kombinasi hitam dengan perak dan biru dengan putih dan hitam dengan abu – abu). Di India sendiri motor ini dilepas mulai dengan harga Rs 1,90 lakh. Honda H’Ness sendiri kehadirannya akan berhadapan langsung dengan pemain – pemain lama dalam pasar klasik modern yang sudah kuat di India seperti Royal Enfield Classic 350, Meteor 350, Jawa, dan Kawasaki W250.

Dengan kehadiran motor ini di India, saya pikir, mungkin Honda Indonesia bisa memasukkan motor ini dengan menghadirkan kubikasi 250cc satu silinder, secara di Indonesia sendiri, pasar motor – motor klasik masih besar dan sedang naik daun. Gimana sob, tertarik…??

By: Axel Mahal for giginetral.com

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *